Bukan Pakar SEO Ganteng

Eropa Lesu, RI Pilih Jualan Barang ke Afrika dan Amerika Latin

Jakarta - Pemerintah Indonesia membidik pasar Afrika dan Amerika Latin untuk menopang ekspor tahun depan, sebab belum ada kepastian perbaikan ekonomi Eropa.

Dirjen Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustaman menjelaskan, Indonesia akan menggenjot ekspor ke dua wilayah itu hingga 15% pada tahun depan.

"Ini harapan kita untuk ekspor pada kawasan Afrika dan Latin Amerika hingga 10-15 % pada tahun 2013," ungkap Gusmardi saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2012).

Saat ini nilai ekspor produk Indonesia ke Afrika dan Amerika Latin hanya mencapai US$ 30 miliar. KHusus Afrika, nilai ekspor terus naik, di 2007 angka ekspor Indonesia ke Afrika masih US$ 2,6 miliar, tetapi sekarang sudah menembus US$ 4,8 miliar.

"Pasar Afrika perkembangannya cukup baik, tahun 2007 angka ekspor Indonesia masih US$ 2,6 miliar tetapi sekarang sudah menembus US$ 4,8 miliar," imbuhnya.

Gusmardi menjelaskan, total ekspor Indonesia tahun ini mencapai US$ 190 miliar, atau lebih rendah dari 2011 yang mencapai US$ 203 miliar.

"Angka US$ 190 miliar itu masih bagus di tengah keterpurukan ekonomi saat ini terlebih pasar Eropa masih belum jelas. Memang agak rendah bila dibandingkan tahun 2011 yang mendapatkan US$ 203 miliar tetapi ini baiklah. Kerajinan tangan tahun 2012 menyumbang US$ 700 juta," ujar Gusmardi.

(wij/dnl)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori finance dengan judul Eropa Lesu, RI Pilih Jualan Barang ke Afrika dan Amerika Latin . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2012/12/eropa-lesu-ri-pilih-jualan-barang-ke.html .

Artikel Terkait finance

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Eropa Lesu, RI Pilih Jualan Barang ke Afrika dan Amerika Latin "

Post a Comment

Beri komentar anda.