Bukan Pakar SEO Ganteng

Membuat password yang tidak mudah dibobol

Berikut ini adalah kami jabarkan cara cara yang dapat kita lakukan untuk membuat password untuk akun tertentu dengan aman dan tidak akan mudah untuk di hack atau dijebol.
Salah satu tips untuk mencegah agar akun kita tidak ‘diutak-atik’ oleh orang-orang tidak bertanggungjawab adalah membuat password yang kuat. Dengan adanya password yang bagus, kita bisa menghindari resiko seorang cracker mencoba-coba mengambil alih akun kita, juga memperlama prosedur brute force software tertentu.
Bagi kamu yang belum familiar dengan istilah brute force – itu adalah metode cracking/hacking dengan cara membiarkan software mencoba kombinasi huruf, angka, dan karakter untuk membongkar sebuah akun atau file terproteksi. Metode ini merupakan metode paling klasik, tapi juga paling tinggi prosentase keberhasilannya. Dengan mencoba seluruh kombinasi huruf, angka, dan karakter, tentu saja tinggal menunggu waktu saja untuk bobol. Masalahnya hanya waktu saja, berapa lama sebuah software brute force bisa membobol file atau akun terproteksi.

Terus bagaimana caranya bikin password yang kuat?
Ada tips berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas tersohor Carnegie Melon yang mengungkapkan bahwa memang kombinasi huruf besar kecil, karakter unik, dan angka sangat mempengaruhi kekuatan password. Tapi yang lebih besar lagi pengaruhnya adalah panjang password!
kami menyarankan kamu untuk membuat password dengan lebih dari delapan karakter yang menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, karakter unik, dan angka. Pastikan kamu tidak menggunakan password yang mudah ditebak, misalnya saja tanggal lahir, nama, kota asal, atau urutan huruf/angka.
Membuat password yang tidak mudah dibobol
Lalu bagaimana agar kita tahu password kita sudah bagus atau belum? Kamu bisa mencoba mengujinya dengan Passfault:
https://passfault.appspot.com/password_strength.html
Membuat password yang tidak mudah dibobol

Coba lihat gambar di atas. Untuk membobol password tersebut dengan software brute force, dibutuhkan waktu hingga empat puluh enam abad. Padahal, disini hanya menuliskan password sederhana: !Nf0poPuL312 di situs tersebut. Hasilnya pasti lebih maknyus bila kamu menciptakan kombinasi password yang lebih panjang.
Tetapi bandingkan dengan password lainnya yaitu 110980kiki yang ternyata bisa dibobol hanya dalam waktu kurang dari 3 hari saja menggunakan metode brute force. Whew!
Membuat password yang tidak mudah dibobol

Sudah terlihat khan bagaimana pengaruh kombinasi huruf besar/kecil, angka, serta karakter unik dalam kekuatan sebuah password? :)
Bagaimana cara mengingat password yang begitu panjang dan penuh dengan kombinasi sulit? Tentunya bukan pekerjaan yang mudah bukan? Oleh karena itu, kami menyarankan agar menggunakan aplikasi password manager seperti misalnya Keepass Password Safe, LastPass atau Access Manager 2.
Bila kamu menggunakan fitur password manager bawaan browser, pastikan kamu menambahkan master password didalamnya.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info Populer / Paket Internet / Tips Populer dengan judul Membuat password yang tidak mudah dibobol . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2012/12/membuat-password-yang-tidak-mudah.html .

Artikel Terkait Info Populer , Paket Internet , Tips Populer

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Membuat password yang tidak mudah dibobol "

Post a Comment

Beri komentar anda.