Bukan Pakar SEO Ganteng

Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, hari ini saya ingin melakukan benchmark pada salah satu game Racing terbaik yang pernah ada yaitu Dirt 3. Game ini memiliki tampilan grafis yang sangat indah, detail dan juga memiliki efek driving yang nyata layaknya mengendarai mobil sungguhan. Nah seperti apakah performa gaming Dirt 3 ini? Silahkan anda simak sampai habis ya artikel yang saya tulis ini. :)

Dirt 3 ini muncul pada 3 platform gaming yaitu konsol PS3, Xbox 360 dan juga PC. Nah dari beberapa review yang saya dapatkan, game ini tergolong bersahabat dengan PC dan bahkan anda bisa mendapatkan grafis yang jauh lebih indah dan realitas dibandingkan dengan konsol lho. Inilah yang membuat kemudian membuat saya yakin jika game ini bukanlah hasil porting murahan seperti beberapa game yang masih banyak beredar diluar sana dan disinilah saya memutuskan untuk melakukan Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT milik saya.


1. Perbandingan Requirement Game Dirt 3 dan PC Jadul saya

Minimum Requirement Game PC Dirt 3 :
Prosesor : Core 2 Duo E6700 2.66GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 5600+
VGA : GeForce 8600 GT atau Radeon HD 2600 Pro   
RAM : 2 GB
OS : Windows XP
 
Recommended Requirement Game PC Dirt 3 :
Prosesor : Core i7-860 Quad 2.80GHz atau Phenom II X4 B50   
VGA : GeForce GTX 280 atau Radeon HD 4890
RAM : 3 GB
OS : Windows 7
 
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Estimasi perkiraan biaya untuk harga second : Rp. 1,5 Juta
 
Pada requirement diatas sebenarnya cukup terlihat jika spesifikasi PC saya agak ada dibawah itu khususnya pada bagian prosesor. Tapi berita bahagianya ternyata VGA minimum yang dibutuhkan sama dengan milik saya yaitu 8600GT. Awalnya saya sempat ragu juga jika game ini bersahabat dengan PC, apalagi melihat spesifikasi prosesor minimum yang dibutuhkan adalah Core 2 Duo, tapi ternyata setelah saya lihat grafisnya memang cukup sadis kendati pada settingan low sekalipun haha.
 
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 4 Settingan yang berbeda yaitu Ultra Setting, High Setting, Medium Setting, dan  terakhir Low Setting yang semuanya tanpa menggunakan VSync (VSync OFF). Silahkan anda lihat hasil benchmarknya dibawah ini :

Setting Ultra - MSAA 2x

Awalnya saya kira game ini ngga bisa berjalan pada setting ini di PC saya karena sempat nunggu loading yang lama sekali mungkin 1 menitan lebih waktu mau benchmark haha. Tapi ternyata bisa dan ketika benchmark memang terlihat jelas kalo setting ini menampilkan grafis serta efek yang luar biasa dan tentu saja harus dibayar dengan performa gaming yang sangat lambat dan sempat beberapa kali patah. Tapi jujur.. saya sama sekali ngga PC saya masih bisa menjalankan ultra setting. FPS yang saya dapatkan :


Setting High - MSAA OFF

Pada setting ini grafis dan efek masih sangat indah dan sepertinya saya melihat hanya ada sedikit perbandingan saja dengan setting Ultra. Selain itu terasa gameplay berjalan lebih baik dan tampaknya ada peningkatan fps yang cukup drastis. Saya sendiri sepertinya masih bisa memainkan dalam kondisi ini walaupun ada beberapa kejadian tampak agak ngelag. FPS yang saya dapatkan :


Setting Medium - MSAA OFF

Menyenangkan adalah kata yang pas untuk memainkan Dirt3 pada setting ini. Ya, selain anda bisa menikmati grafis yang masih tetap indah dan juga efek yang masih terlihat baik, anda juga bisa memainkan game ini dengan cukup playable. Saya pribadipun mengakui cukup betah memainkan game Dirt3 dengan setting Medium ini. FPS yang saya dapatkan :


Setting Low - MSAA OFF

Anda ingin bermain dengan maksimal dan sangat menyenangkan? Maka gunakan setting ini. Pada setting ini saya pribadi sebenarnya cukup kaget karena grafis dan efek yang ditampilkan tetap impresif dan sepertinya hanya berselisih sedikit dengan setting Medium, namun kelancaran permainan tentu saja jauh lebih baik dari setting medium. Saya bahkan sampai berulang kali melakukan Benchmark karena begitu betahnya saya melihat kelancaran permainan ini tanpa ada lag yang berarti. FPS yang saya dapatkan :


4. Kesimpulan Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Indah dan lumayan Enteng adalah kata yang pas untuk menggambarkan grafis dan performa dari Dirt 3 ini. Saya melihat game ini hampir sama dengan performa Mafia II yang memiliki grafis cukup detail dan nyaman dimata kendati grafis disetting pada Low Quality. Jadi anda yang memiliki PC jadul minimal seperti saya bisa memainkan game Dirt 3 ini dengan menyenangkan tanpa membuang grafis indah khas ala Dirt 3, sip kan? :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Benchmark Game on PC Jadul dengan judul Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2013/02/benchmark-game-dirt-3-pada-komputer.html .

Artikel Terkait Benchmark Game on PC Jadul

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Benchmark Game Dirt 3 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT "

Post a Comment

Beri komentar anda.