Bukan Pakar SEO Ganteng

Komnas HAM Ikut Selidiki Soal Dugaan Kekerasan Polisi di Poso




Jumat, 01/03/2013 13:36 WIB







Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) ikut menyelidiki dugaan kekerasan yang dilakukan polisi dan Densus 88 di Poso, Sulteng. Lebih lagi, setelah adanya pelaporan yang dilakukan tokoh agama ke Mabes Polri.

"Januari 2013 Komnas HAM telah mengeluarkan hasil penyelidikan sementara yang memang mendapati adanya indikasi pelanggaran HAM yang dilakukan aparat, khususnya Densus 88 dalam pemberantasan terorisme. Waktu itu Komnas telah meminta kepada Kapolri untuk mengevaluasi pola kerja Densus 88 yang terlalu represif," jelas Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Siane menjelaskan, dalam waktu dekat Komnas HAM juga akan menurunkan tim investigasi ke lapangan, terkait laporan tokoh agama itu.

"Kami akan mengumpulkan bukti-bukti yang valid terkait dengan masukan yang disampaikan oleh para tokoh agama itu. Selama ini Komnas HAM memang telah melakukan penyelidikan di berbagai wilayah, mulai Poso, Makassar, Dompu, serta juga akan membuka kembali kasus-kasus lama, sebagai bagian dari hasil penyelidikan yang telah dilakukan oleh para komisoner sebelum-sebelumnya," urainya.

Siane juga menegaskan bahwa Komnas HAM tidak setuju dengan aksi terorisme. "Tetapi dalam melakukan pemberantasan terorisme tidak boleh dilakukan dengan cara-cara yang melanggar HAM," urainya.

Sebelumnya, pada Kamis (28/2) Din Syamsuddin menyerahkan video dugaan kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian terhadap terduga teroris di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dan Kapolda Sulteng Brigjen I Made Dewa Parsana sudah menegaskan, pihaknya telah terlebih dahulu melakukan pemeriksaan soal informasi adanya praktik kekerasan seperti yang dilaporkan masyarakat.

Parsana mengaku tidak mengetahui persis video yang diserahkan Ketua Umum PP Muhammadiyah kepada Kapolri Jenderal Timur Pradopo, terkait dugaan kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian terhadap terduga teroris yang diamankan personel kepolisian. Mabes Polri sudah memastikan bahwa video yang diserahkan Din bukan dilakukan Densus, tapi Bintara polisi. PSudah 18 orang diperiksa terkait kekerasan itu.

(ndr/nrl)









Sponsored Link




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori news dengan judul Komnas HAM Ikut Selidiki Soal Dugaan Kekerasan Polisi di Poso . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2013/03/komnas-ham-ikut-selidiki-soal-dugaan.html .

Artikel Terkait news

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Komnas HAM Ikut Selidiki Soal Dugaan Kekerasan Polisi di Poso "

Post a Comment

Beri komentar anda.