Bukan Pakar SEO Ganteng

23 FILM INDONESIA DI FESTIVAL FILM CANNES

Festival film Cannes sudah dimulai Rabu kemarin yang di tandai dengan penayangan "Robin Hood", yang dibintangi oleh Russel Crowe dan Cate Blanchett serta disutradarai oleh Ridle Scott.

Festival Film Cannes adalah festival film paling bergengsi di dunia. Dia diadakan pertama kali dari 20 September hingga 5 Oktober 1946 di kota peristirahatan Cannes di Perancis bagian selatan. Sejak itu, festival ini diadakan setiap tahunnya pada bulan Mei kecuali pada beberapa saat.

Gedung Tempat Pelaksanaan Festival


Oleh karena luasnya pemberitaan media massa, festival nonpublik ini dihadiri oleh banyak bintang film dan menjadi sebuah ajang populer bagi pengusaha film untuk meluncurkan film-film terbarunya dan mencoba menjual karyanya ke para distributor yang datang dari seluruh dunia.

Penghargaan paling bergengsi yang diberikan di Cannes adalah Palem Emas (Palme d'Or) untuk film terbaik; terkadang penghargaan ini dibagi bersama beberapa film pada satu tahun. Namun, juri festival, yang dibentuk dari pilihan internasional dalam jumlah kecil yang terdiri dari para ahli film, memberikan penghargaan lain, termasuk "grand prize" (penghargaan tergengsi kedua).

Pada ajang Festival kali ini, Indonesia mengikutkan 23 Judul Film. Rekor tertinggi sejak keikut sertaan insan sineas Indonesia di Festival itu.

Kejayaan perfilman Indonesia semakin mendunia. Sebanyak 23 film Tanah Air bakal bersaing di ajang Festival Film Cannes yang akan berlangsung pada 12 hingga 23 Mei mendatang di Prancis. Berita ini dikatakan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik di Kantornya, Senin (10/5).

Wacik mengaku begitu antusias ketika berbicara soal perfilman. Menurutnya, semakin banyak film yang dibuat, maka semakin mendorong peningkatan kualitas film yang dihasilkan.

"Saya selalu agresif dan energik setiap membicarakan film Indonesia. Sekarang bisa 80 film dalam setahun. Jadi yang harus jadi target kita adalah tahun 2014 mencapai 200 film setahun. Bisa dibayangkan berapa kru film yang akan kerja dan ini membuka lapangan kerja juga," ujarnya.

Untuk ikut di ajang festival film Perancis sendiri, Wacik mengatakan jika tak semua film bisa ikut serta. Menurutnya, hanya film yang sesuai dengan kreteria saja yang bisa ikut festival.

"Kita memang belum pasang kriteria apa saja film yang bisa ikut, karena film kita masih terbatas. Kalau ada 50 film kita ajak semua. Makanya kalau film yang ada subtitled bahasa Inggrisnya bisa ikut ke festival ini," ujarnya.

23 film yang akan bersaing di festival film Cannes ke-63 di Prancis yang akan berlangsung 12 Mei sampai 23 Mei 2010, meliputi TARING, KETIKA CINTA BERTASBIH, GET MARRIED 1, GET MARRIED 2, RUMA MAIDA, EMAK INGIN NAIK HAJI, PENCARIAN TERAKHIR, PINTU TERLARANG, AIR TERJUN PENGANTIN, HEARTBREAK.COM, AYAT-AYAT CINTA, PREMAN IN LOVE, KUNTILANAK BERANAK, POCONG KAMAR SEBELAH, MEREKA BILANG SAYA MONYET, 18 (+), KAIN KAFAN PERAWAN, KUNTILANAK KAMAR MAYAT, GARUDA DI DADAKU, GENERASI BIRU, JAMILA DAN SANG PRESIDEN, PUNK IN LOVE dan SEPULUH.


Sumber : KapanLagi.com



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Film / Festival Film Cannes / Info dengan judul 23 FILM INDONESIA DI FESTIVAL FILM CANNES . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2010/05/23-film-indonesia-di-festival-film.html .

Artikel Terkait Berita Film , Festival Film Cannes , Info

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " 23 FILM INDONESIA DI FESTIVAL FILM CANNES "

Post a Comment

Beri komentar anda.