Bukan Pakar SEO Ganteng

Peringatan 66 Tahun Piagam Jakarta

Peringatan 66 Tahun Piagam Jakarta secara sederhana dilaksanakan di Sekolah saya pada hari ini. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk membangkitkan semangat patriotisme dikalangan siswa dan Guru sekaligus untuk menelusuri kembali sejarah para pendahulu kita yang semakin termarginalkan.

Piagam Jakarta adalah hasil kompromi tentang dasar negara Indonesia yang dirumuskan oleh Panitia Sembilan dan disetujui pada tanggal 22 Juni 1945 antara pihak Islam dan kaum kebangsaan (nasionalis). Panitia Sembilan merupakan panitia kecil yang dibentuk oleh BPUPKI.

Di dalam Piagam Jakarta terdapat lima butir yang kelak menjadi Pancasila dari lima butir, sebagai berikut:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Apa hikmah yang bisa dipetik dari Peringatan 66 tahun Piagam Jakarta kali ini adalah makna sejarah bahwa sebenarnya perjuangan para pejuang Islam terdahulu dalam upaya menegakkan Islam tidaklah gagal. Meskipun secara verbatim, tujuh kata dalam Piagam Jakarta telah dihapuskan, tetapi hal itu dikembalikan lagi dalam Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Dalam dekrit tersebut, Presiden Soekarno dengan tegas menyatakan: “Bahwa kami berkeyakinan bahwa Piagam Jakarta tertanggal 22 Juni 1945 menjiwai dan merupakan suatu rangkaian kesatuan dengan konstitusi tersebut.”

Semoga saja dengan Peringatan 66 tahun Piagam Jakarta dapat menjadi pijakan kita untuk melangkah ke depan yang penuh makna dalam menjalani sisa-sisa hidup kita yang semakin hari sarat akan bencana moral yang telah banyak melenceng baik dari tata kehidupan para selebritis, pejabat eksekutif, yudikatif maupun legislatif hingga masyarakat biasa telah banyak terefleksi dan sungguh telah jauh berpijak dari rel-rel kehidupan yang baik dan hakiki sesuai syariat Islam.

~~~~~~~~~

Artikel untuk diikutkan pada Acara ASKAT yang digelar oleh Blogcamp


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info / PakDe Cholik. / Peringatan / Piagam Jakarta / Sejarah dengan judul Peringatan 66 Tahun Piagam Jakarta . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2011/06/peringatan-66-tahun-piagam-jakarta.html .

Artikel Terkait Info , PakDe Cholik. , Peringatan , Piagam Jakarta , Sejarah

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Peringatan 66 Tahun Piagam Jakarta "

Post a Comment

Beri komentar anda.