Bukan Pakar SEO Ganteng

Faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap Belajar Siswa

Dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang maksimal, guru sebagai sumber memberikan informasidiharapkan mampu untuk membimbing dan mengarahkan siswa untuk menjadi manusia yang lebih baik melalui materi- materi yang disampaikannya agar siswa dapat menerima materi dengan baik maka seorang guru harus mengetahui masalah-masalah yang dapat mempengaruhi kemampuan daya serap siswa untuk menerima materi.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intelegensi siswa dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern adalah faktor yang timbul dari individu siswa, sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang timbul dari luar individu.
a.       Faktor Intern
Kendala yang dimiliki oleh  seorang siswa dalam  menerima pelajaran yang timbul dari diri pribadinya diantaranya adalah :
1.      Faktor Jasmaniyah (fisiologi) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh. Yang termasuk faktor ini adalah panca indera yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya seperti karena mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan yang tidak sempurna, tidak berfungsinya kelenjar tubuh yang membawa kelainan tingkah laku.
2.      Faktor psikologis, baik yang bersifat bawaanmaupun yang diperoleh terdiri atas :
a)      Faktor intellective yang meliputi faktorpotensial yaitu kecerdasan dan bakat serta faktor kecakapan nyata yaitu prestasi yang dimiliki.
b)      Faktor non intellective yaitu unsur-unsur kepribadian tertentu seperti sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan, motivasi, emosi dan penyesuaian diri.
b.      Faktor ekstern
Faktor  ekstern yang berpengaruh terhadap daya serap dikelompokkan menjadi 3 faktor, yaitu: faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
1.      Faktor keluarga
Siswa yang belajar akan menerima pengaruhdari keluarga berupa:  cara  orang  tua  mendidik,  relasi  antara  anggota  keluarga, suasana dalam rumah tangga dan keadaan ekonomi keluarga.
a.       Cara orang tua mendidik
Cara orang tua mendidik anaknya akan sangat besar pengaruhnya terhadap belajar anaknya. Hal ini jelas karena keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama  dan utama tentu saja keterlibatan orang tua akan sangat mempengaruhi keberhasilan bimbingan tersebut.
b.      Relasi antara anggota keluarga
Relasi antara anggota keluarga yang terpenting adalah relasi orang tua dengan anaknya serta anak dengan saudara dan anggota keluarga lainnya. Maka demi kelancaranserta keberhasilan anak, perlu diusahakan relasi yang baik dalam keluarga, yaitu hubungan yang penuh dengan kasih sayang,disertai dengan bimbingan dan bila perlu hukuman-hukuman yang mendidik untuk menyukseskan belajar anak.
c.       Suasana rumah
Suasana rumah yang dimaksud sebagai situasi atau kejadian- kejadian yang sering terjadi dalam keluarga di mana anak berada dan belajar, yang menyebabkan anak tidak dapat berkonsentrasi, bosan di rumah sehinggamencari ketenangan dengan bermain di luarrumah, akibatnya belajarnya menjadi kacau. Suasana tersebut dapat terjadi bila anggota keluarga terlalu banyak, sering ribut dan sering terjadi ketegangan atau sering cekcok.
d.      Keadaan ekonomi
Keadaan ekonomi keluarga erat hubungannya sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat intelegensi anak. Anak yang sedang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan pokok, juga kebutuhan fasilitasbelajar seperti ruang belajar, kursi, penerangan, alat tulis buku dan lain-lain. Fasilitas belajar itu hanya dapat terpenuhi jika keluarga mempunyai uang yang cukup.
2.      Faktor sekolah
Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar ini mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi siswa dengan siswa, alat  pelajaran, dan metode belajar. Berikut ini penulis akan membahas faktor-faktor tersebut satu persatu.


a.       Metode mengajar
Metode belajar adalah suatu cara atau jalan yang harus di lalui di dalam mengajar. Metode mengajar yang guru kurang baik akan mempengaruhi daya serap siswa yang tidak baik pula. Metode mengajar yang kurang baik itu dapat terjadi, misalnya karena guru kurang persiapan  sehingga  siswa  kurang  terhadap pelajaran  atau gurunya. Akibatnya siswa malas untuk belajar.
Guru biasanya mengajar hanya dengan metode ceramah saja. Siswa menjadi bosan, mengantuk, pasif dan hanya mencatat saja. Guru yang progresif berani mencoba metode-metode yang baru. Yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajarmengajar dan meningkatkan  motivasi  siswa untuk  belajar.  Agar siswa dapat belajar dengan baik, maka metode mengajar harus diusahakan yang setepat, efisien dan efektif mungkin.
b.      Kurikulum
Kurikulum diartikan sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan   kepadasiswa. Kegiatan itu sebagian besar adalah menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkanbahan pelajaran itu
c.       Relasi siswa dengan siswa
Siswa yang mempunyai sifat-sifat atau tingkah laku yang kurang menyenangkan teman lain, mempunyai tekanan-tekanan batin, akan sungkan dari kelompoknya. Menciptakan relasi yang baik antar siswa adalah agar dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar siswa.
d.      Alat pelajaran
Alat pelajaran erat hubungannya dengan cara belajar siswa. Alat pelajaran yang lengkap dan tepat   akan memperlancar penerimaan bahan pelajaran. maka siswa memerlukanalat-alat yang membantu lancarnya belajar seperti buku-buku dan media pembelajaran. Dengan tersedianya alat pelajaran yang memadai menjadikan siswa  mudah  menerima  pelajaran dan  menguasainya dengan baik.
e.       Metode belajar
Banyak siswa melaksanakan cara belajar yang salah. Dalam hal ini perlu pembinaan dari guru. Dengan cara belajar yang tepat akan efektif pula hasil belajar siswa itu. Juga dalam pembagian waktu untuk belajar. Terkadangsiswa belajar tidak teratur atau terus menerus karena besok akan ujian yang mengakibatkan kesehatan siswa menurun, sakit, dan akhirnya malah tidak dapat mengikuti ujian
3.      Faktor masyarakat
Masyarakat merupakan faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap daya serap siswa. Pengaruh itu terjadi karena keberadaannya siswa dalam masyarakat. Faktor masyarakat itu dapat mempengaruhi daya serap siswa diantaranya adalah kegiatan siswa dalam masyarakat dan teman-teman bergaul.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori artikel dengan judul Faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap Belajar Siswa . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2012/07/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-daya.html .

Artikel Terkait artikel

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap Belajar Siswa "

Post a Comment

Beri komentar anda.