Bukan Pakar SEO Ganteng

Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus


Penyakit Lupus merupakan penyakit baru yang mematikan setara dengan kanker. Tidak sedikit pengindap penyakit ini tidak tertolong lagi, didunia terdeteksi penyandang penyakit lupus mencapai 5 juta orang, sekitar 100 ribu kasus baru terjadi tiap-tiap tahunnya.

Arti kata lupus sendiri didalam bhs latin bermakna “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal kira-kira satu abad yang lampau. Awalnya, penderita penyakit ini dikira memiliki kelainan kulit, berbentuk kemerahan di sekitar hidung serta pipi. Bercak-bercak merah dibagian wajah dan lengan, panas dan rasa capek berkelanjutan, rambutnya rontok, persendian sering bengkak serta timbul sariawan. Penyakit ini bukan sekedar menyerang kulit, namun juga bisa menyerang hampir semua organ yang ada didalam tubuh.

Gejala Penyakit Lupus

Gejala-gejala penyakit dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik ( LES ) dengan kata lain lupus. Eritomatosus artinya kemerahan. Sedangkan sistemik berarti menyebar luas keberbagai organ tubuh. Sstilahnya disebut LES atau lupus. Gejala-gejala yang umum ditemui adalah :


  • Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus.
  • Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan


  • Selain penyakit lupus, anda juga dapat melihat Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol Secara Alami

    Anda baru saja membaca artikel yang berkategori kesehatan dengan judul Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2012/09/penyebab-dan-gejala-penyakit-lupus.html .

    Artikel Terkait kesehatan

    Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

    Belum ada komentar untuk " Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus "

    Post a Comment

    Beri komentar anda.