Bukan Pakar SEO Ganteng

15 kejadian teknologi-sains di 2012


1. Kiamat Internet
Sekitar bulan Juli lalu, hampir semua pengguna internet di seluruh dunia dihebohkan dengan berita serangan satu malware yang berbahaya bernama DNS Changer. Malware ini kabarnya mampu mematikan akses internet seperti yang dipublikasikan oleh FBI.

Pembuat DNS changer ini mengatakan bahwa akan mematikan internet di seluruh dunia pada tanggal 09 Juli. Pada sat hari yang ditentukan tiba, ternyata apa yang ditakutkan tidak seperti yang dibayangkan.

2. Status pernikahan Yesus
Beberapa bulan lalu telah ditemukan sebuah papyrus kuno. Menurut peneliti, papyrus tersebut merupakan bukti bahwa Yesus pernah menikah. Tentu saja, pernyataan tersebut banyak disangkal. Bahkan pihak Vatikan pun mengatakan bahwa para peneliti tidak mempunyai kemampuan untuk menerjemahkan tulisan di papyrus itu.


3. Kiamat 21-12-2012
Para arkeolog menyimpulkan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 berdasarkan apa yang terpahat di kalender suku Maya kuno. Banyak orang mengatakan bahwa analisa itu tidak tepat, namun ada juga yang mempercayainya.

Perdebatan demi perdebatan terus berlanjut yang pada akhirnya terdapat satu kesimpulan disertai dengan bukti-bukti baru bahwa kalender suku Maya kuno itu bukan penunjuk terjadinya kiamat, melainkan perubahan sistem tahun saja.

Hal tersebut juga diperkuat dengan pernyataan NASA. Karena berita sudah menyebar, walaupun klarifikasi sudah dipublikasikan, namun tetap saja banyak orang yang percaya bahwa kiamat akan terjadi di bulan Desember. Ketika tepat harinya atau tanggal 21 Desember 2012, ternyata apa yang ditakutkan tidak terbukti.

4. Pemerintah hapus SMS gratis
Per tanggal 1 Juni kemarin, pemerintah melalui Menkominfo menertibkan program SMS gratis yang dilakukan oleh operator seluler. Berdasarkan peraturan Menteri Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi, semua penyelenggaraan interkoneksi harus memberlakukan penerapan tarif untuk pengiriman pesan pendek atau SMS.

Tentu saja, hal ini mendapatkan banyak tanggapan beragam dari pengguna ponsel yang selama ini dimanjakan oleh program SMS gratis. Namun, pemerintah melakukan penertiban ini justru untuk melindungi pengguna ponsel sebagai konsumen.

5. Hacker Indonesia serempak serang Malaysia
Dikarenakan banyaknya kasus yang berujung dengan ketidakjelasan, membuat banyak masyarakat Indonesia menganggap pemerintah kurang tegas. Kemarahan rakyat Indonesia semakin memuncak tatkala Malaysia mengklaim bahwa Tari Tor-Tor adalah budaya asli mereka. Seketika itu juga, banyak aksi dilakukan untuk mengecam klaim Malaysia tersebut.

Aksi tidak hanya berlaku di dunia nyata saja, para peretas Indonesia secara serentak meluluh lantakkan banyak situs Malaysia. Walaupun tidak terlalu mengobrak-abrik isinya, namun halaman depan banyak situs negara Jiran tersebut diganti dengan berbagai macam tulisan, gambar dan cacian.

6. Facebook berbayar

Isu Facebook akan memberlakukan tarif untuk setiap status merebak. Dalam hal ini, Facebook bukan menarik 'upeti' untuk semua status melainkan bagi siapa saja yang ingin statusnya dapat terus muncul di News Feed, maka Facebook akan mengenakan biaya.

Nampaknya yang membuat heboh para pengguna Facebook lainnya adalah mereka mengira semua status akan diberlakukan sistem berbayar. Mereka juga bersiap memboikot dan menghapus account Facebook mereka.

7. Youtube dan Innocence of Muslims
Sebuah film hasil karya seorang Yahudi berjudul Innocence of Muslims tiba-tiba menjadi buah bibir. Film ini bercerita tentang Nabi Muhammad SAW. Sayang, bukan kisah asli yang ditunjukkan, melainkan sebuah penghinaan terhadap Nabi junjungan umat Islam tersebut.

Tentu saja, film dan pembuatnya dikecam oleh jutaan orang di dunia. Permasalahan tidak berhenti, dikabarkan YouTube bersikeras tidak mau menghapus film tersebut dari databasenya. YouTube mengatakan bahwa film tersebut tidak menyalahi peraturan yang selama ini ditetapkan di situsnya.

Akhirnya, penghujatan terhadap film tersebut merembet ke YouTube sekaligus Google sebagai pemilik. Karena desakan banyak pihak, akhirnya YouTube menghapus film Innocence of Muslims tersebut dari databasenya.

8. Pertikaian Apple dan Samsung
Dua perusahaan besar ini memang sudah lama tidak begitu akur walaupun keduanya terlibat kontrak bisnis. Apple mengatakan bahwa Samsung telah melanggar hak paten desain, UI dan beberapa hal lain di produk mereka.

Tentu saja sebagai perusahaan besar, Samsung justru menganggap tuduhan Apple mengada-ada dan sengaja dibuat karena mereka kalah saing di pasar mobile. Karena tidka kunjung selesai, akhirnya mereka bertemu di pengadilan.

Dalam sesi pertama, Apple menang telak dan pengadilan menyuruh Samsung membayar ganti rugi kepada Apple dengan nominal USD 1,05 miliar. Ketika sidang kedua kembali digelar, tanpa disangka-sangka, pihak pengadilan justru menyarankan agar keduanya berdamai untuk kepuasan konsumen.

Sayangnya, walau sudah disarankan untuk damai, kasus sejenis lain yang akan mempertemukan keduanya sekali lagi juga segera digelar di tahun 2013 dan 2014 mendatang.

9. RIM dan BlackBerry
Carut marut dalam tubuh RIM semakin menjadi setelah CEO mereka memutuskan untuk mundur setelah mengetahui bahwa perusahaan tersebut tidak dapat lagi dipertahankan. Namun beberapa petinggi RIM masih optimis bahwa perusahaan asal Kanada tersebut masih bisa bangun lagi.

Akhirnya mereka berhasil menunjuk CEO baru. Di tangan CEO baru-nya ini, kondisi RIM semakin tidak menentu. Banyak rekanan bisnis mereka yang menyatakan berhenti menggunakan BlackBerry dan akan beralih ke perangkat Android atau iOS.

Bahkan hal tersebut diperparah dengan tidak lagi lakunya BlackBerry di banyak negara khususnya Eropa. Dengan segala keterpurukan tersebut, RIM mengabarkan bahwa mereka siap merilis produk baru, operating system dan smartphone, dengan nama sama yaitu BlackBerry 10.

Rencananya, 2 produk tersebut mampu menyaingi kehebatan Android atau iOS. Namun, apabila nantinya BlackBerry 10 juga tidak sukses di pasaran, maka diperkirakan langkah RIM di dunia mobile akan terhenti.

10. Anynomous serang Israel
Dikarenakan kebiadaban Israel yang melakukan agresi militer selama beberapa hari tanpa henti dengan menembakkan roket dari udara atau darat, membuat banyak pihak yang mengecam negara 'sahabat' Amerika Serikat itu.

Banyak penduduk sipil yang didominasi wanita dan anak-anak menjadi korban. Oleh karenanya, hacktivist Anonymous yang selama ini selalu dicap negatif rupanya geram dengan tindakan Israel.

Mereka dan banyak rekannya melakukan serangan balasan dengan cara melumpuhkan ribuan situs pemerintah, umum, militer dan perusahaan milik Israel.

11. BlackBerry Messenger ngadat
Beberapa bulan lalu dikabarkan bahwa layanan paling laris di dalam BlackBerry yaitu BBM ngadat di seluruh Asia-Pasifik. Banyak pengguna BlackBerry yang kebingungan dan mencari jawaban seputar ngadatnya layanan dari RIM tersebut. Setelah menunggu hampir satu hari, akhirnya BBM kembali normal. Sayangnya, RIM tidka menjelaskan kenapa layanan mereka tersebut 'mogok' kerja.

12. Mars dan Curiosity
Setelah bertahun-tahun melakukan pemantauan dengan menggunakan pesawat tanpa awaknya di sekitar Mars, akhirnya NASA berhasil mengirimkan robot ke planet merah tersebut.

Robot yang diberi nama Curiosity itu akan melakukan banyak penelitian dan rencananya akan berada di planet tersebut selama 2 tahun. Mulai dari pertama mendarat sampai sekarang, sudah banyak foto-foto seputar daratan planet merah itu yang dikirimkan oleh Curiosity ke pusat pemantaunya di Bumi.

13. Facebook akuisisi Instagram

Sesaat setelah Instagram mendadak tenar dan memiliki banyak pengguna, Facebook ungkapkan ketertarikannya. Tidak hanya tertarik saja, akhirnya Facebook berhasil mengakuisisi Instagram dengan harga yang fantastis yaitu sebesar USD 1 miliar untuk ukuran startup kecil yang baru saja didirikan.

Nampaknya, tidak semua orang senang dengan pengakuisisian ini. Banyak pihak yang mengatakan bahwa langkah yang dilakukan facebook akan menjadi bumerang suatu saat. Namun, perkiraan tersebut tidak terbukti. Sampai sekarang, Instagram terus berkibar di bawah 'asuhan' Facebook.

14. iPhone 5
iPhone 5 adalah perangkat handset dari Apple yang sangat ditunggu penggunanya hampir di seluruh dunia. Walaupun bukan termasuk negara pertama yang akan mencicipi smartphone itu, namun tidak sedikit penggemar produk Apple yang terus memantau pergerakan berita seputar iPhone 5. Sebelum diluncurkan, dari bulan ke bulan, selalu ada saja bukti foto dan informasi terbaru seputar iPhone 5.

15. Telkomsel
Untuk rubrik Telco, berita seputar Telkomsel hampir selalu mendapatkan banyak tanggapan. Sayangnya, dari banyaknya tanggapan yang ada, mayoritas bernada negatif. Mulai dari layanan jaringan yang tidak memuaskan sampai mahalnya tarif produk Telkomsel. Bahkan ketika berita Telkomsel diputuskan pailit, baik yang pro atau kontra, semua terus mengikuti perkembangan operator selular satu ini.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknologi dengan judul 15 kejadian teknologi-sains di 2012 . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2012/12/15-kejadian-teknologi-sains-di-2012.html .

Artikel Terkait Teknologi

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " 15 kejadian teknologi-sains di 2012 "

Post a Comment

Beri komentar anda.