Bukan Pakar SEO Ganteng

Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, kemarin saya sempat mencoba software Benchmark Resident Evil 6 namun saya mendapat hasil yang cukup membuat saya shock karena ternyata selain grafis tidak jauh berbeda namun juga terasa cukup berat untuk dimainkan. Nah dari sini saya penasaran bagaimana jika software benchmark ini saya cobakan pada PC jadul saya sekaligus saya bandingkan dengan Resident Evil 5. So... langsung saja simak tulisan saya berikut ini.

Seperti biasa sebelum anda lanjut pada Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT, saya hidangkan terlebih dahulu minimum requirement dari kedua game ini beserta spek PC jadul yang akan saya gunakan untuk melakukan test : 


Resident Evil 5 PC Minimum Requirement :
OS : Windows XP
Processor : Intel Core 2 Duo @ 2.0 GHz / AMD Athlon 64 X2 3800+
Memory : 1 Gb
Hard Drive : 8 Gb free
Video Card : nVidia GeForce 6800 / ATI Radeon HD 2400 Pro
Sound Card : DirectX Compatible
DirectX : 9.0c

Resident Evil 6 PC Minimum Requirement :
OS : Windows XP, Windows 7, Windows 8
Processor : Intel Core 2 Duo 2.4 Ghz or better, AMD AthlonTM X2 2.8 Ghz or better
Memory : 2 GB RAM
Hard Drive : 16 GB free hard drive space
Video Card : NVIDIA GeForce 8800GTS or better
DirectX : 9.0c or greater
Sound : Standard audio device

Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Nah sekarang coba anda lihat perbandingan kebutuhan minimum game ini diatas dan kemudian bandingkan dengan PC Jadul saya. Sangat jelas terlihat kalo Resident Evil 5 ini membutuhkan sistem yang sangat bersahabat dengan PC Jadul kendati memang pada bagian prosesor butuh sedikit tinggi. Sementara kebutuhan Resident Evil 6 cukup jauh diatasnya khususnya pada bagian VGA yang minimum menggunakan 8800 GT. Oke, sebelumnya memang hal serupa juga pernah terjadi dengan kasus Benchmark game DmC dimana minimum VGA yang dibutuhkan adalah 8800 GTS, namun ternyata PC jadul saya masih mampu memainkan dengan sangat lancar pada setting High lho. Nah pertanyaannya akankah hal serupa terjadi dengan Resident Evil 6?

Setting Grafis pada Resident Evil 5 dan Resident Evil 6
Pada setting grafis ini saya mencoba mengambil kemungkinan terburuk dimana saya mengumpamakan setting grafis terbaik Resident Evil 5 sama dengan setting grafis terburuk Resident Evil 6. Oke-oke... pasti terlihat konyol tapi pasti anda bakalan kaget kalo melihat hasilnya nanti. Btw, berikut adalah setting grafisnya :

RE5 - 2 di Atas dan RE6 - 1 di Bawah (Klik Gambar untuk Memperbesar)



Wakakakak.. sebelum lanjut mungkin anda perlu melihat perbandingan screenshot gambar In-Game dari Resident Evil 5 dan 6 (kalo Max Setting) supaya anda bisa menilai sendiri apakah pantas Resident Evil 6 memiliki minimum Requirement seperti diatas.

RE5 - Kiri dan RE6 - Kanan (Klik Gambar untuk Memperbesar)


Nah bagaimana menurut anda? Apakah berbeda jauh grafis RE6 dengan RE5? Dimata saya tentu saja tidak dan bahkan saya anggap kedua grafis ini hampir terlihat sama walaupun sedikit lebih bagus RE6. Tapi entah kenapa minimum Requirement yang dibutuhkan oleh RE6 begitu tinggi. Well... lebih baik kita lanjut daripada pusing haha.

Perbandingan Hasil Benchmark Resident Evil 5 dan Resident Evil 6
Pada benchmark Resident Evil 5 ini saya menggunakan fasilitas bawaan game yaitu Variable Benchmark dan Fixed Benchmark. Nah Variable Benchmark merupakan tes FPS pada In-Game atau permainan, sementara Fixed Benchmark melakukan tes FPS seberat mungkin dengan mengisikan banyak objek detail bergerak (para zombie) yang bisa berjumlah mencapai 50 atau bahkan lebih. Kemudian pada Resident Evil 6, tentu saja saya akan menggunakan software Benchmarknya mengingat gamenya sendiri belum keluar hehe. Oke berikut adalah hasilnya dan tolong... jangan kaget wakakakak.

Hasil Variable Benchmark Resident Evil 5

Detail yang saya dapatkan :
Min FPS = 19 (mencapai nilai fps ini hanya jika bertemu efek ledakan / api yang cukup besar)
Max FPS = 56
Average FPS = 31,3

Hasil Fixed Benchmark Resident Evil 5

Detail yang saya dapatkan :
Min FPS = 22
Max FPS = 30
Average FPS = 24,3

Hasil Software Benchmark Resident Evil 6

Detail yang saya dapatkan :
Min FPS = 1
Max FPS = 15
Average FPS = ??? (Mungkin sekitar 3-5 fps wakakak)

Kesimpulan Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul
Pada Resident Evil 5 jujur saya benar-benar puas karena ternyata kendati di setting Maksimum dengan 4x Anti Aliasing, masih saja mampu dimainkan dengan cukup Playable. Namun dilain sisi... saya tidak berhenti tertawa melihat hasil Benchmark dari Resident Evil 6 ini. Jujur saya tidak tahu mau bilang apa.... karena hasil yang saya harapkan menyamai kasus DmC ternyata sangat-sangat berkebalikan dan lebih parahnya game ini tidak Playable pada PC Jadul saya meskipun di setting Ultra Low dengan resolusi 1024 x 768 sekalipun! Haha... What the Fu*k is this... @_@

Tapi sobat maniax, anda yang juga memiliki PC Jadul saya harap tidak langsung kecewa karena bisa jadi software Benchmark ini memang error atau terlalu berlebihan dalam memberikan penilaian. Jadi ada baiknya anda menunggu game ini keluar di PC pada kisaran tanggal 22 maret 2013 yang kemudian baru akan saya tes dan saya berikan pada anda hasilnya. Kita berdoa saja agar Resident Evil 6 masih bisa seenteng Resident Evil 5 atau minimal bisa dimainkan dengan lancar meskipun pada settingan Low sekalipun :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Benchmark Game on PC Jadul dengan judul Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/02/benchmark-resident-evil-5-vs-resident.html .

Artikel Terkait Benchmark Game on PC Jadul

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Benchmark Resident Evil 5 vs Resident Evil 6 pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT "

Post a Comment

Beri komentar anda.