Bukan Pakar SEO Ganteng

Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, beberapa hari ini saya sempat penasaran dengan game fighting Street Fighter X Tekken karena selain gameplaynya bagus, juga kata beberapa reviewer luar negeri game ini sangat enteng dan tidak membutuhkan spesifikasi PC tinggi untuk memainkannya dengan High Quality sekalipun. Inilah yang kemudian membuat saya penasaran bagaimana jika game ini saya benchmark saja pada PC Jadul saya hehehe :p.

Dan.... seperti biasanya, sebelum berlanjut pada setting yang saya gunakan pada Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT, ada baiknya anda melihat bagaimanakah Requirement dari salah satu game fighting terbaik ini :


Minimum Requirement  game Street Fighter X Tekken pada PC : 
OS : Windows XP
Prosesor : Core 2 Duo E4300 1,8 GHz
RAM : 1GB
VGA : GeForce 6600GT atau Radeon X1600
 
Recommended Requirement  game Street Fighter X Tekken pada PC :
OS : Windows XP / 7
Prosesor : Core 2 Duo E6750 2,66 GHz
RAM : 2GB
VGA : GeForce 8800GS atau Radeon HD3850

Ohooooo! Ternyata memang benar kalo game yang satu ini sama sekali tidak membutuhkan Spek PC yang tinggi lho hehehe. PC saya yang tergolong jadulpun ternyata masih sedikit berada diatas minimum Requirement dan tentunya ini semakin memantapkan saya untuk segera melakukan benchmark. So.... tunggu apalagi? berikut adalah Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT :

1. Persiapan Komputer Jadul
  • Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
  • Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
  • Memory RAM : 2GB
  • VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
  • Harddisk : WDC 80GB
  • Layar : Advance 15,6"
  • DVD : Lite-On
  • PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
  • Estimasi perkiraan biaya untuk harga second : Rp. 1,5Juta
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 2 Settingan yaitu High Setting dengan MSAA None dan High Setting dengan MSAA C16xQ dimana semua settingan ini tanpa menggunakan VSync (VSync OFF). Dan..... silahkan anda lihat hasilnya dan jangan kaget ya karena memang game ini sangat enteng kendati bergrafis bagus :

Setting High - VSync Off - MSAA None

Sesuai dengan dugaan saya kalo sebenarnya game ini sangatlah enteng dan sangat bersahabat bagi PC Jadul sekalipun. Dengan setting ini saya dengan mudahnya mendapat Rank Score A pada Benchmark yang hasilnya bisa anda lihat pada screenshot dibawah ini :


Klik gambar untuk Memperbesar

Dan tentunya dengan fps maksimum diatas, game ini sangat-sangat nyaman untuk dimainkan dan saya yakin 99% pasti responsif dengan jari perang anda wakakak.

Setting High - VSync Off - MSAA C16xQ

Skor 60 fps pada setting High diatas membuat saya penasaran sampai akhirnya saya mencoba lebih nekat lagi dengan menambahkan Anti Aliasing MSAA sampai tingkat maksimum di C16xQ! Terdengar mustahil untuk memainkannya? Tentu tidak karena saya masih mendapatkan Rank Score B pada Benchmark dengan detail :

Klik Gambar untuk Memperbesar

Wow.. hanya berselisih 3 fps saja! Dan perlu anda tahu nilai FPS yang nyaman untuk game fighting cepat seperti Street Fighter ini adalah kisaran 45 fps, dan tentunya anda bakalan sangat nyaman memainkan game ini dengan torehan 57 fps di setting maksimum hehehe.

4. Kesimpulan Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Luar biasa adalah kata yang pas untuk menggambarkan game ini. Kendati memiliki grafis yang bagus, ternyata game ini tidak memerlukan Spek PC yang tinggi untuk memainkannya kendati sampai tingkat maksimum sekalipun. Anda yang memang penghobi seri Street Fighter sejak dulu bisa dengan bahagia memainkan game ini dengan spek PC seperti milik saya diatas :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Benchmark Game on PC Jadul dengan judul Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/02/benchmark-street-fighter-x-tekken-pada.html .

Artikel Terkait Benchmark Game on PC Jadul

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Benchmark Street Fighter X Tekken pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT "

Post a Comment

Beri komentar anda.