Bukan Pakar SEO Ganteng

Tips Aman Menyetir Jarak Jauh

Tips Aman Menyetir Jarak Jauh

Tips Aman Menyetir Jarak Jauh

Tips ini selalu saya terapkan karena untuk bepergian bersama keluarga lebih banyak tanpa sopir pun jika jarak jauh.


Dengan menerapkan tips ini maka kita dapat meminimalisir resiko kecelakaan dan satu hal yang harus diingat bahwa keselamatan di jalan tidak akan mutlak karena kita sudah menerapkan safety driving, ada juga faktor penentu yang yaitu takdir dari yang maha kuasa. 


Berikut tips bagi anda yang akan menyetir kendaraan jarak jauh :

1. Pastikan kondisi kendaraan dan Anda sebagai pengemudi dalam keadaan sehat untuk perjalanan jauh.

2. Pastikan mendapat posisi duduk mengemudi yang membuat Anda nyaman dalam berkendara, dengan posisi tangan kiri berada di jarum jam 9 dan tangan kanan pada jarum 3, atau tangan kiri pada jarum 10 dan kanan pada jarum jam 2. Pastikan pula kedua ibu jari jangan melingkar di setir kemudi, melainkan dalam posisi tegak, agar Anda dapat lebih mudah memutar roda kemudi.

3. Pastikan Anda senantiasa memperhatikan situasi sekeliling kendaraan secara kontinyu (fokus utama tetap ke depan), khususnya saat ingin berpindah lanjur atau melakukan deselerasi (mengurangi kecepatan kendaraan). Hal ini penting untuk memantau kendaraan di sekeliling Anda, atau dalam jarak yang aman dari kendaraan lain yang melaju di belakang Anda.

4.Saat ingin berpindah lajur, kami menyarankan Anda memantau situasi terlebih dahulu melalui spion, lalu menyalakan lampu sein, dan sebelum Anda berpindah pastikan menoleh sesaat ke arah lajur yang akan diambil untuk menghindari sisi yang tidak terlihat (blind spot) di kaca spion.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan aman dengan kendaraan di depan saat berakselerasi. Hal ini kami anggap penting untuk mendapat jarak pengereman maksimum, jikalau terjadi hal - hal yang tidak diinginkan terjadi di depan.

6. Ketika Anda ingin melakukan tikungan, kami menyarankan Anda mengikuti kiat standarsafety driving, dimana putaran setir kemudi dilakukan dengan sistem "tarik dan lepas" (pull and release). Sistem ini akan lebih mudah bagi Anda ketika harus melakukancounter steering.

7. Perhatikan karakteroutput tenaga mobil Anda. Sebagai misal pengalaman kami saat mengemudi Daihatsu Luxio dan Daihatsu Terios. Meski kedua kendaraan ini didukung tipe mesin yang sama, namun memiliki karakter kinerja yang berbeda di medan tanjakan. Pada Daihatsu Luxio saat melintasi rute Nagrek, ban mobil baru bisa mendapat traksi yang cukup pada posisi gigi 1 dan putaran mesin minimal 2.000 rpm. Sementara pada Daihatsu Terios, suplai traksi yang cukup pada roda untuk melibas tanjakan cukup di gigi 2 dan putaran mesin minimal 1.800 rpm.

8. Jika Anda mulai lelah dalam berkendara, kami menyarankan jangan memaksakan untuk terus mengemudi. Carilahrest areaterdekat untuk beristirahat sejenak.

Sekian tentang - Tips Aman Menyetir Jarak Jauh
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Harian dengan judul Tips Aman Menyetir Jarak Jauh . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/03/tips-aman-menyetir-jarak-jauh.html .

Artikel Terkait Tips Harian

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Tips Aman Menyetir Jarak Jauh "

Post a Comment

Beri komentar anda.