Bukan Pakar SEO Ganteng

Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, game Tomb Raider memang sudah menjadi legendaris sejak jaman populernya konsol Playstation dan ini tidak mengherankan mengingat game ini dipenuhi petualangan serta teka teki yang sangat menarik. Nah kali ini saya mau melakukan Benchmark pada game Tomb Raider yang terbaru yaitu Tomb Raider Survivor 2013.

Dalam game ini, dikisahkan anda akan memerankan Lara Croft saat muda yang sedang menaiki kapal bernama Endurance bersama timnya. Diluar dugaan kapal tersebut terserang badai dahsyat sampai terbelah dua sehingga membuat Lara harus terpisah dari para timnya dan lebih buruk lagi dirinya terdampar disebuah pulau asing yang di isi oleh manusia suku yang kejam. Lara bahkan diculik, dan disinilah misi anda dimulai... yaitu untuk bertahan hidup dan menemukan tim anda untuk segera keluar dari pulau ini. Menarik kan ceritanya? Oke sebelum anda memainkannya, mari kita lihat dulu performa game ini dalam Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT saya.


1. Perbandingan Requirement Game Tomb Raider 2013 dan PC Jadul saya
   
Minimum Requirement Game PC Tomb Raider 2013
OS : Windows XP SP3
Processor : Intel Core2 Duo 1.86 Ghz atau AMD Athlon64 X2 2.1 Ghz
Memory : 1 GB
VGA : nVidia 8600GS / GT atau AMD Radeon HD 2600 XT dengan VRAM 512MB
DirectX : 9.0c
   
Recommended Requirement Game PC Tomb Raider 2013 :
OS : Windows 7
Processor : Intel Core i5-750 atau AMD Phenom II X2 565
Memory : 4 GB
VGA : nVidia GTX 480 atau AMD Radeon HD 4870
DirectX : 11
   
Spesifikasi PC Jadul saya : 
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2) 
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz 
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB 
Layar : Advance 15,6" 
DVD : Lite-On 
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Driver NVidia : 314.22
   
Hmm... Sepertinya memang seperti yang Developer janjikan jika game ini masih bisa dimainkan dengan Spek komputer yang agak lama. Dan kalo melihat perbandingan diatas, memang spek PC saya di VGA sedikit lebih kalah di VRAM, tapi tenang sobat karena insya Allah masih bisa saya mainkan dengan lancar dan nyaman hehehe.
   
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
   
3. Hasil Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yak sobat maniax, karena memang minimum Requirement-nya juga terbilang mepet dengan spek PC saya maka saya akan menggunakan 2 Settingan saja yaitu High dan Normal dengan kondisi VSync OFF dan Resolusi 1024 x 768. So berikut adalah hasilnya.

Setting High, VSync OFF

Pada setting ini terlihat tampilan game Tomb Raider memang benar-benar bagus mulai dari desain karakter sampai dengan lingkungan seperti tembok, air, api ataupun rumput terlihat bagus. Coba anda perhatikan screenshot dibawah ini.


Nah pada setting High ini sudah saya Benchmark menggunakan fasilitas bawaan Tomb Raider 2013 dan hasilnya bisa dibilang cukup baik juga lho, silahkan anda lihat hasilnya berikut ini.


Ketika saya mainkan secara in-game memang terjadi efek patahan atau nyendat saat memasuki area baru, area yang banyak resource ataupun open world namun itu hanya berlangsung sebentar setelah itu game berjalan cukup lancar. Saya pribadi merasa cukup nyaman bermain pada setting ini.
FPS yang saya rasakan saat In-Game cukup sama dengan benchmark yaitu antara 22-35.
         
Setting Normal, VSync OFF
    
Pada setting ini sebenarnya bagi saya tidak terlalu terlihat perbedaan yang signifikan pada grafis. Tapi jika anda jeli, maka anda akan melihat tekstur pada desain karakter, tembok dan lingkungan sekitar seperti air, rumput ataupun api sedikit lebih sederhana. Lebih jelasnya silahkan anda lihat screenshot dibawah ini.


Nah bagaimana menurut anda tampilan diatas? Masih bagus dan ngga kalah jauh sama yang setting High kan? Saya pribadi juga suda melakukan tes benchmark dengan fasilitas bawaan dan tentu saja hasilnya lebih lancar dan playable seperti hasil berikut.


Kemudian saat saya memainkannya, cukup terasa perbedaan kelancaran game dibandingkan dengan setting High. Ya pada setting ini jarang saya mengalami sendatan kecuali pada area yang benar-benar banyak objek dan itupun hanya berlangsung sepersekian detik saja. Selebihnya anda bisa memainkan game ini dengan lancar, nyaman dan luwes.
FPS yang saya rasakan juga sama dengan hasil benchmark yaitu sekitar 27-45.

4. Kesimpulan Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Yak bagi saya kata Nice adalah tepat untuk menggambarkan kelancaran game ini. Kendati grafis dan detail yang ditampilkan cukup indah dan banyak, ternyata game ini masih cukup bersahabat dengan PC Jadul  saya dan tentunya dengan kondisi ini saya akan berusaha memainkannya hingga tamat hehehe (kalo bisa :p).
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Benchmark Game on PC Jadul dengan judul Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/04/benchmark-game-tomb-raider-2013-pada-pc.html .

Artikel Terkait Benchmark Game on PC Jadul

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Benchmark Game Tomb Raider 2013 pada PC Jadul E2180 + 8600GT "

Post a Comment

Beri komentar anda.