Bukan Pakar SEO Ganteng

Tingkat Kelulusan SMA/SMK DI Riau 99,93 Persen



Pengumuman kelulusan tingkat SMA/SMK dan MA cukup menggembirakan, tidak tanggung tanggung kelulusan di provinsi riau hampir menembus sempurna kelulusan 100%, hendaknya dengan persentasi kelulusan yang tinggi ini mampu diimbangi dengan SDM yang baik pula.

Hari ini, Jumat (24/5), hasil Ujian Nasional (UN) SMA sederajat 2013 diumumkan. Rekapitulasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada 2.678.575 siswa dinyatakan lulus ujian. Sedangkan 8.851 siswa lainnya divonis gagal atau tidak lulus.

Khusus Riau, berdasarkan data yang dipaparkan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Kamis (23/5) petang, secara keseluruhan jumlah siswa Riau yang lulus mencapai 99,93 persen atau 0,07 persen tidak lulus. Untuk tingkat SMK, persentase kelulusan 99,95 persen, naik 0,05 persen dibanding tahun lalu dengan kisaran 99,91 persen.

Sementara tingkat SMA/MA, Disdik Riau mempersentasekan berdasarkan penjurusan. Jurusan IPA tingkat kelulusan 99,95 persen, lebih tinggi dibanding IPS yang 99,28 persen. Tahun lalu tingkat kelulusan SMA/Ma digabung untuk penjurusan dengan persentase 99,89.

Kepala Disdik Riau HM Wardan menyatakan, secara umum persentase kelulusan meningkat dibanding tahun lalu. Ia berharap seluruh kabupaten/kota agar melakukan penelaahan dan diteliti lagi hasil ujian serta difotokopi sebagai arsip.

‘’Kalau ada kerancuan terkait hasil kelulusan harus diteliti lagi. Disdik sepenuhnya memberikan keleluasaan kepada kabupaten/kota dalam mengumumkan hasil ini, apakah pagi, siang atau sore, yang jelas harus di 24 Mei,’’ imbaunya jelang penyerahan hasil UN SMA sederajat kepada perwakilan Disdik kabupaten/kota di Aula Disdik Riau, kemarin.

Terkait jumlah siswa Riau yang tidak lulus, Disdik Riau belum mau memberikan angka pasti, hanya menyebutkan angka 0,07 persen. Wardan menceritakan, hasil akhir UN diterima Sekretaris Disdik, Abdul Kadir yang mengambil langsung ke Jakarta kemarin pukul 03.05 WIB dan paginya langsung dibawa ke Pekanbaru dalam kondisi mentah.

‘’Kita terima belum di amplop dan belum disesuaikan dengan sekolah per kabupaten/kota. Maka disusun dulu hingga baru bisa diserahkan sore ini (kemarin, red),’’ lanjutnya.

Lebih lanjut, Wardan menambahkan hingga kini pihaknya belum menerima hasil akhir UN bagi Ujian kesetaraan Paket C. Ia berharap kepada para peserta dapat menunggu karena masih dalam proses di tingkat pusat dalam hal ini Kemendikbud.

Begitu juga dengan beberapa SMK program 4 tahun juga belum keluar hasilnya, seperti SMK Kehutanan dan SMK 1 Tualang. Karena itu, Ia berharap kepada pihak terkait dapat menunggu karena Disdik juga masih terus berkomunikasi dengan pusat.

Sekretaris Disdik Riau dan Ketua UN 2013, Sri Petri Haryanti juga belum mau memberikan data berapa siswa yang tidak lulus secara keseluruhan di Riau.

‘’Besoklah, besok saja,’’ ujarnya singkat. Berdasarkan data peserta UN dalam Data Nominasi Tetap (DNT) 2013, peserta tingkat SMA/MA 50.307 orang, SMK 19.623 orang sehingga total peserta berdasarkan DNT 69.930 siswa. Apakah ketidaklulusan 0,07 persen tersebut berdasarkan jumlah DNT, Wardan menyatakan tidak.

‘’Karena siswa yang di-DO (droup out, red) dan tidak ikut ujian karena alasan lainnya tidak dihitung. Hanya yang peserta ujian saja,’’ lanjutnya.

Lalu berapa peserta UN SMA sederajat yang tidak lulus tahun ini? ‘’Besok kita paparkan keseluruhan,’’ ujarnya mengelak menyebutkan.

Pada 2012 lalu, tercatat 77 siswa yang tidak lulus, terdiri dari SMK 17 siswa dari total 17.996, SMA sebanyak 41 siswa dari total 39.609 siswa dan MA tidak lulus sejumlah 19 orang dari 7.807 siswa.

Sementara lima besar peringkat kelulusan, tingkat SMK Kabupaten Indragiri Hilir meraih peringkat tertinggi, disusul Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak dan Pekanbaru.  Siswa Pekanbaru mampu memperoleh nilai terbaik untuk kelulusan SMA/MA jurusan IPA dengan nilai rata-rata 7,88. Urutan kedua ditempati Siak dengan nilai rata-rata 7,41, Dumai 7,37, Kampar 7,32 dan Rohil 7,25. Jurusan IPS, Pekanbaru meraih nilai rata-rata 7,33, disusul Siak 7,00, Kampar 6,96, Rohil 6,93 dan Inhil 6,89.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengungkapkan, pengumuman untuk sekolah di Pekanbaru akan dilaksanakan sekitar pukul 16.00 WIB sore ini. Karena pada pagi hari, Disdik bersama pihak sekolah akan merapatkan lagi hasil kelulusan.

‘’Hasil UN dan ujian akhir di sekolah menjadi pertimbangan untuk kelulusan, jadi kita akan lakukan rapat besok pagi (pagi ini, red). Sehingga pengumuman baru bisa dilakukan sore di masing-masing sekolah,’’ ujarnya singkatnya.

Terkait dengan pengumuman hari ini, Disdik Riau juga mengimbau agar pihak sekolah di kabupaten/kota dapat mengantisipasi serta melakukan pengawalan terhadap proses pengumuman hasil UN SMA serentak hari ini. Terutama dalam meminimalisir terjadinya coret-coretan baju oleh para siswa.‘’Sekolah harus mengantisipasi pengumuman kelulusan, kalau bisa ada tenaga keamanan di sekolah-sekolah dari kepolisian untuk mengawal,’’ imbau Wardan.

nah semoga saja dengan tingkat kelulusan yang tinggi di riau diimbangi dengan sumber daya manusia yang baik di kemudian hari, tentunya dapat memajukan riau dan indonesia di masa depan.

source : RiauPos
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan dengan judul Tingkat Kelulusan SMA/SMK DI Riau 99,93 Persen . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/05/tingkat-kelulusan-smasmk-di-riau-9993.html .

Artikel Terkait Pendidikan

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Tingkat Kelulusan SMA/SMK DI Riau 99,93 Persen "

Post a Comment

Beri komentar anda.