Bukan Pakar SEO Ganteng

Inilah Rudal Canggih Javelin Yang Akan Dibeli Indonesia


Tentara-fgm148.jpg 

TNI Angkatan Darat (AD) Indonesia berencana membeli senjata jenis rudal anti-tank Javelin dari Amerika Serikat. Pembelian ini dilakukan untuk melakukan peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI yang sudah banyak tua.

Menteri Pertahanan Purnomo membenarkan hal itu. Namun ia mengatakan, pembelian itu masih dalam tahap perencanaan Kementerian Pertahanan.

"Masih rencana," terang Purnomo usai rapat kerja dengan Komisi I DPR, Jakarta, Senin (10/6).

Purnomo mengatakan, pembelian ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan TNI AD, sekaligus sebagai langkah peremajaan alutsista, juga untuk memperbarui sistem senjata yang sudah tua.

Belakangan ini pemerintah memang sedang gencar meremajakan alutsista yang dianggap sudah tua dan ketinggalan. Terutama ketinggalan dari sisi teknologi.

Purnomo menilai bahwa pembelian ini akan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertahanan nomor 34 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Alutsista TNI di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI. Di Pasal 38 Permen Pertahanan ini tercantum syarat pengadaan alutsista adalah alih teknologi.
"Tentu ini bagian dari persyaratan pembelian senjata," tutur dia.

Senjata ini telah dikembangkan sejak tahun 1998 oleh perusahaan Raytheon dan Lockheed Martin dengan nama proyek Javelin Joint Venture. Produksinya sendiri dimulai tahun 1994 dan dikirimkan ke barak militer di Fort Benning, Georgia pada tahun 1996.

Untuk harga satu buah peluncur dan pelacak Javelin dibanderol dengan harga senilai USD 126.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar. Sementara rudal Javelin satuannya seharga USD 78.000 atau setara dengan Rp 756 juta.

Berikut Profil dari rudal javelin:

Berat Rudal : 11.8 kg
panjang rudal: 1.1 m
diameter rudal: 127 mm
dengan tabung peluncur 1.2 m.
jangkauan rudal: 4.750 m

kita lihat saja apakah akan terealisasi rencana pembelian ini, atau akan ada kembali anggota DPR yang menolak dengan alasan yang mereka buat, seperti penolakan membeli leopard beberapa waktu lalu. kita tunggu saja.

penasaran dengan performa calon alutsista canggih ini?
berikut video dari javelin klik disini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PolitikPolitik dengan judul Inilah Rudal Canggih Javelin Yang Akan Dibeli Indonesia . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/06/inilah-rudal-canggih-javelin-yang-akan.html .

Artikel Terkait PolitikPolitik

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Inilah Rudal Canggih Javelin Yang Akan Dibeli Indonesia "

Post a Comment

Beri komentar anda.