Bukan Pakar SEO Ganteng

Tips Cara Memilih Motherboard Bagus Dan Berkualitas


Caradantips.com - Motherboard mempunyai fungsi yang sangat penting pada seluruh komponen komputer karena disinilah semua komponen bergantung. Tanpa motherboard maka komputer tidak akan berfungsi. Semua komponen seperti VGA card, prosesor, memory, hard disk, keyboard, mouse harus dihubungkan semua ke motherboard agar berfungsi. Sumber listrik pertama kali akan mengalir ke motherboard lewat power supply kemudian diolah dan disalurkan ke masing-masing komponen yang dihubungkan lewat soket ataupun kabel data.

Contoh yang dihubungkan menggunakan soket antara lain prosesor, sound card, PCI Express, VGA card, prosesor, dan memory SD/DDR RAM. Sedangkan yang dihubungkan dengan kabel data misalnya hard disk drive, optic drive seperti DVD-RW, external drive, keyboard dan mouse. Fungsi motherboard sangat penting sekali sehingga kita pun harus mengetahui juga bagaimana memilih motherboard yang baik dan berkualitas.


Tips Memilih Motherboard Bagus dan Berkualitas

 1. Dimensi
    Ada beberapa ukuran motherboard yaitu ATX dengan ukuran standar sedangkan microATX mempunyai dimensi yang lebih kecil. Hal ini yang harus ditentukan terlebih dahulu karena tergantung budget dan juga ukuran casing. Biasanya ukuran microATX hampir seluruh komponen terintegrasi seperti VGA dan slot memory lebih sedikit. Selain itu harganya pun lebih murah dibanding dengan ATX standar.


 2. Chipset
    Letaknya ada disebelah soket prosesor dengan pendingin pasif biasanya berbentuk kontak bujursangkar. Chipset inilah yang mengontrol semua lalu lintas komunikasi antara prosesor dengan memory prosesor dengan hard disk dan komponen-komponen yang lain agar tidak bentrok. Biasanya chipset dari Intel ataupun VIA technology.


3. Jenis Prosesor
    Pilih motherboard harus disesuaikan dengan prosesor yang ingin dibeli. Masih ada 2 pemain besar yaitu Intel dan AMD dan keduanya berbeda soketnya. Dulu pernah ada socket converter untuk CPU dimana yang ingin upgrade prosesor dari Celeron ingin upgrade ke Intel Core, mungkin sekarang sudah tidak ada lagi.


4. Tipe VGA card
    Seperti poin nomer 1, jika menggunakan microATX berarti sudah terintegrasi chip untuk VGA sedangkan untuk ATX harus membeli VGA card yang sekarang sudah menggunakan PCI Express yang tentunya lebih cepat dari slot AGP. Jika anda penyuka game, render gambar 3D ataupun video editing sangat perlu membeli VGA dengan dukungan slot PCI Express. Ini untuk meningkatkan kinerja dan juga banyak software video editing maupun game tidak mendukung VGA yang terintegrasi di dalam motherboard.


5. Jumlah Slot PCI/PCI Express
    Perhitungkan juga penggunaan slot PCI/PC Express semisal jika ingin menambah VGA tambahan, sound card karena sound card yang sudah terintegrasi di dalam motherboard kurang memuaskan dan ingin menggantinya semisal dengan merk Sound Blaster. Selain itu juga penambahan USB external juga meminta slot PCI pada motherboard walaupun tidak secara langsung dihubungkan.


 6. SATA Hard Drives
    Carilah motherboard yang sudah mendukung SATA hard disk drives karena tipe hard disk inilah yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya biasanya tipis dan kecil, untuk motherboard dulu masih menggunakan konektor ATA dengan kabel data yang cukup lebar. Perhitungkan juga jumlah port SATA yang ada dalam motherboard, siapa tahu anda ingin menambah HDD baru ke dalam PC.


 7. Fitur Tambahan
    Motherboard sekarang tidak seperti dulu, banyak sekali ternyata yang sudah melengkapnya dengan HDMI untuk dihubungkan ke HDTV pada televisi, adanya Wi-Fi yang sudah terintegrasi, fasilitas Home Cloud sebagai sarana remote data dari PC rumah ke PC kantor ataupun laptop pribadi dan masih banyak lagi fitur-fitur tambahan yang tentunya semakin banyak akan semakin mahal pula harga motherboard tersebut.

Itulah fungsi dari motherboard dan juga 7 tips singkat bagaimana memilih motherboard yang baik dan berkualitas, semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori komputer dengan judul Tips Cara Memilih Motherboard Bagus Dan Berkualitas . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/11/tips-cara-memilih-motherboard-bagus-dan.html .

Artikel Terkait komputer

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Tips Cara Memilih Motherboard Bagus Dan Berkualitas "

Post a Comment

Beri komentar anda.