Bukan Pakar SEO Ganteng

Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Goreng Ikan


Sisatruk.Blogspot.com - Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sejumlah orang. Namun, memasak juga bisa berubah jadi menakutkan karena minyak tiba-tiba meletup atau meletus saat digunakan untuk menggoreng ikan. Kejadian seperti itu memang sering terjadi saat kita menggoreng ikan. Bahkan, beberapa ibu rumah tangga mengaku pernah terkena cipratan minyak panas saat menggoreng ikan. Itulah sebabnya banyak yang mengaku malas saat disuruh untuk menggoreng ikan. Anda tentu tidak ingin terkena cipratan minyak panas hanya karena menggoreng ikan.
Untuk itu, berikut ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan saat menggoreng ikan agar minyaknya tidak meletup atau meledak.

1. Perhatikan kadar air minyak panas akan mudah meletup jika terkena air. Sebelum menggoreng, pastikan ikan yang akan digoreng benar-benar bersih dari air atau berkadar air rendah. Untuk berjaga-jaga, siapkan tutup khusus untuk wajan agar letupan minyak tidak terciprat ke tangan.

2. Perhatikan jumlah minyak. Untuk menghindari terkena cipratan minyak, sebaiknya jumlah minyak tidak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Minyak mempunyai sifat mudah meluap saat dipanaskan. Jadi gunakanlah minyak secukupnya, jangan berlebihan.

3. Jangan terlalu panas Agar tidak meletup, minyak sebaiknya jangan terlalu panas. Segera goreng ikan setelah beberapa menit api dinyalakan. Terlalu panas akan membuat minyak jadi mudah meletup, apalagi jika ikan yang dimasukkan itu dalam kondisi basah.

4. Pemilihan bumbu. Gunakanlah campuran bumbu yang tidak mengandung banyak air. Penggunaan air hanya akan memicu letupan minyak. Jika terpaksa menggunakan air, lebih baik gunakan sesedikit mungkin.

Itulah cara aman yang bisa Anda coba agar minyak tidak meletup atau meletus saat digunakan untuk menggoreng ikan. Selamat mencoba!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips-Trik dengan judul Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Goreng Ikan . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/12/cara-agar-minyak-tidak-meletup-saat.html .

Artikel Terkait Tips-Trik

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

2 komentar untuk " Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Goreng Ikan "

Beri komentar anda.