Bukan Pakar SEO Ganteng

Duh! Produk UKM Bojonegoro, 'Disulap' Jadi Made in Singapura

Jakarta - Pekerjaan rumah pemerintah untuk sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) masih banyak, antaralain klaim produk Indonesia yang diubah menjadi produk negara lain.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta mengaku kesadaran membangun produk unggulan di lingkungan UKM masih sangat rendah Para pelaku UKM rela menjual murah produk-produknya ke luar negeri tanpa dilabel merek negara lain.

Bahkan dari kunjungannya ke daerah, Dipta terkaget-kaget mengetahui produk kerajinan kayu buatan UKM di Bojonegoro Jawa Timur dijual dengan label Made in Singapura atau negara-negara Timur Tengah.

"Di Bojonegoro produk kerajinan kayunya bagus, dia (pelaku usaha UMKM) butuh duit dijual dan mau brand pakai made in Singapore dan timur tengah, mana ada produk kayu disana," tutur Dipta di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Rabu (31/10/2012).

Hasil temuannya di daerah Bojonegoro Jawa Timur itu, tutur Dipta sudah berlangsung lama dan produk-produk disana dijual dengan harga yang murah.

"Made in timur tengah dan Singapore. Mana ada kayu jati disana, di Bojonegoro dijual Rp 50 ribu di Singapura bisa dijual US$ 50 dollar (setara Rp 450 ribu)," tambahnya.

Selain produk kerajinan kayu, Dipta juga menemukan ada produk gula semut yang diekspor tanpa merek namun berpotensi dijual atas nama buatan negara lain.

"Kayak gula semut yang kita ekspor dari Kulonprogo tanpa brand," tambahnya.

Temuan-temuan itu, tutur Dipta tidak akan diketahui andai saja, Kementerian Koperasi dan UKM tidak melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Rencananya akan ada kerjasama dengan pemerintah daerah dalam pembuatan brand sebelum produk UMM diekspor.

"Saya baru tahun lalu, kalau nggak ditinjau, nggak tahu. Saya harap daerah ikut memberikan perhatian," pungkasnya.

(feb/hen)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori finance dengan judul Duh! Produk UKM Bojonegoro, 'Disulap' Jadi Made in Singapura . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2012/10/duh-produk-ukm-bojonegoro-jadi-made-in.html .

Artikel Terkait finance

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Duh! Produk UKM Bojonegoro, 'Disulap' Jadi Made in Singapura "

Post a Comment

Beri komentar anda.