Bukan Pakar SEO Ganteng

HTC Diperingatkan Soal Celah Bahaya di Ponselnya



Washington - Lebih dari 18 juta smartphone dan perangkat mobile lain yang dibuat HTC, memiliki celah keamanan. Celah ini bisa melacak lokasi di pengguna dan potensial mencuri data personal.

Mengingat vendor asal Taiwan itu menjadi salah satu penjual smartphone terbesar di Amerika Serikat (AS), Federal Trade Commission (FTC) pun turun tangan. Dikutip dari The New York Times, Senin (25/2/2013), FTC memberi peringatan kepada HTC.

FTC menilai HTC telah lalai membiarkan aplikasi pihak ketiga menginstal software yang bisa mencuri informasi. Selain itu, akibat adanya celah tersebut, ponsel HTC juga bisa mengirim pesan atau mengaktifkan microphone untuk merekam panggilan telepon seseorang secara diam-diam.

"HTC tidak merancang produknya dengan mempertimbangkan keamanan. HTC juga tidak menguji software pada perangkat mobile-nya untuk mengetahui kerentanan, tidak mengikuti praktik coding yang diterima secara umum, bahkan tidak merespon diperingatkan tentang kelemahan tersebut," kata Lesley Fair, pengacara senior salah satu Biro Komisi Perlindungan Konsumen.

HTC tidak mengelak. Menanggapi isu ini, HTC AS setuju untuk menyelesaikannya dengan segera merilis 'penambal' celah. HTC AS juga setuju untuk membuat program keamanan yang dimonitor oleh pihak independen selama 20 tahun ke depan.

Juru bicara HTC mengatakan, pihaknya mulai mengupdate software dan mendistribusikannya kepada pengguna. Tak semua pengguna HTC di AS, tetapi sebagian pengguna yang pada perangkatnya ditemukan celah ini.

"Bekerjasama dengan mitra operator telekomunikasi, kami mengidentifikasi adanya celah keamanan pada sebagian besar perangkat HTC yang dijual di AS, yang dirilis setelah Desember 2010," kata Sally Julien, selaku juru bicara HTC.

Dia menambahkan, privasi dan keamanan pengguna sangat penting. HTC menurutnya berkomitmen penuh meningkatkan upaya apapun yang bisa menjaga pengguna dari kerentanan.

( rns / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori internet dengan judul HTC Diperingatkan Soal Celah Bahaya di Ponselnya . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2013/02/htc-diperingatkan-soal-celah-bahaya-di.html .

Artikel Terkait internet

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " HTC Diperingatkan Soal Celah Bahaya di Ponselnya "

Post a Comment

Beri komentar anda.