Bukan Pakar SEO Ganteng

Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, saya habis nemu satu game lagi nih yang menurut saya pantas sekali dicoba yaitu game Splinter Cell Conviction. Nah tema game ini adalah tactical espionage shooter seperti seri Metal Gear Solid, jadi anda diberikan pilihan apakah anda ingin langsung hajar ataukah bermain stealth.

Dalam game ini anda akan bermain sebagai agen rahasia bernama Sam Fisher yang dikabarkan telah meninggal... namun ternyata ada pihak tertentu yang mengetahui kepalsuan kematian dirinya dan berusaha menghabisinya. Dari sinilah anda akan memiliki misi untuk mencari tahu, siapakah sebenarnya orang yang sangat menginginkan kematian anda. Splinter Cell Conviction sendiri merupakan buatan Ubisoft sama seperti seri Assassin Creed jadi jujur saya penasaran apakah game ini juga bisa berjalan dengan lancar pada PC Jadul saya ataukah justru ngelag dan tidak bisa dimainkan (non-playable). Nah langsung saja sobat, berikut adalah Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT :


1. Perbandingan Requirement Game Splinter Cell Conviction dan PC Jadul saya
 
Minimum Requirement Game PC Splinter Cell Conviction :
OS : Windows XP 
Processor : Intel Core 2 Duo 1.8 GHz atau Athlon X2 64 2.4 GHz
Memory : 1.5 GB
Hard Drive : 10 GB Free
Video Memory : 256 MB (NVIDIA GeForce 7800/ATI Radeon X1800)
DirectX : 9.0c or 10
  
Recommended Requirement Game PC Splinter Cell Conviction :
OS : Windows 7
Processor : Intel Core 2 Duo 1.8 GHz atau Athlon X2 64 2.4 GHz
Memory : 2-3 GB
Hard Drive : 10 GB Free
Video Memory : 512 MB (NVIDIA GeForce 8800 GS/ATI Radeon 4670)
DirectX : 9.0c or 10
  
Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)

Wah, kalo melihat dari Requirement diatas sepertinya game ini terlihat cukup enteng tapi jujur saya kurang percaya. Karena berdasarkan beberapa informasi dan screenshot in-game, game ini terlihat indah dan halus lho.. belum lagi detail yang disediakan juga bervariasi. Well... saatnya kita membuktikan apakah benar game ini benar-benar enteng sesuai dengan requirementnya.
  
2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.
 
3. Hasil Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Nah pada benchmark Splinter Cell Conviction ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dan 800 x 600 dengan 1 Settingan yaitu Low Setting. Alasannya tidak lain karena ketika awal settingan, otomatis sistem sudah meng-set pada Low yang tentu saja sistem menganggap PC saya kurang mumpuni untuk memainkan game ini.


Sedikit kecewa juga saya melihat ini.. tapi lanjut dong.. hehehe... jadi langsung saja kita buktikan bagaimanakah hasil Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT ini :

Low Setting - 1024x768 - VSync OFF

Grafis pada Low Setting ini memang terlihat cukup simpel baik dari segi desain karakter yang agak polos maupun desain objek sekitarnya, walaupun begitu tampilan bisa dibilang cukup manis. Anda bisa melihat screenshot dari Low Setting dibawah ini :

Klik Gambar untuk Memperbesar


Pada setting ini sebenarnya saya merasa cukup nyaman untuk memainkan Sam Fisher kendati berada pada kerumunan orang sekalipun. Memang gerakan menoleh ataupun membidik senjata terasa agak sedikit lambat walaupun sebenarnya bagi saya masih enak untuk melakukan bidikan dengan tepat.
FPS yang saya rasakan sekitar 24-32

Low Setting - 800x600 - VSync OFF

Pada resolusi ini, perubahan performa dari Splinter Cell Conviction cukup terlihat perbedaannya. Saya bisa melihat gerakan om Sam Fisher begitu luwes dalam melakukan penetrasi ataupun stealth kill dengan tangan. Saya pun bisa membidik dengan leluasa tanpa ada lag ataupun frameskip yang berarti, so pasti musuhpun habis disini wakakakak. Memang dibandingkan dengan sebelumnya, grafis pada setting ini agak sedikit terlihat kotak-kotak walaupun bagi saya sangat tidak mengganggu pemandangan dan permainan. Tapi tetap... bagi saya inilah setting terbaik untuk Splinter Cell Conviction!
FPS yang saya rasakan sekitar 33-50

4. Kesimpulan Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT
Berdasarkan hasil yang saya dapat diatas, tentu saja memang saya sedikit kecewa karena ternyata PC Jadul saya hanya bisa memainkan game ini dengan playable pada setting Low saja. Namun untungnya grafis bagus pada setting Low serta kelancaran bermain yang baik membuat saya agak senang dan tentunya tenang hehehe. Bagi saya game ini sedikit bersahabat pada PC Jadul dan sangat layak lho untuk dimainkan apalagi jika anda penghobi game Tactical Espionage / Stealth :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Benchmark Game on PC Jadul dengan judul Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://sisatruk.blogspot.com/2013/03/benchmark-game-splinter-cell-conviction.html .

Artikel Terkait Benchmark Game on PC Jadul

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Benchmark Game Splinter Cell Conviction pada PC Jadul E2180 + 8600GT "

Post a Comment

Beri komentar anda.