Bukan Pakar SEO Ganteng

Tahukah Anda Berapa BBM Subsidi yang Dihabiskan di Jakarta/Tahun?

Jakarta - Selama ini DKI Jakarta disebut-sebut sebagai provinsi yang banyak menyerap BBM subsidi di Indonesia. Tahukah Anda berapa banyak BBM subsidi yang dihabiskan di Ibukota Jakarta per tahun?

Wakil Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fahmi Harsandono mengatakan jatah BBM subsidi untuk DKI Jakarta untuk 2012 hampir 3 miliar liter atau setara 3 juta Kilo Liter (KL). Jumlah lah ini kurang lebih 6,8% dari seluruh kuota BBM subsidi 2012 seluruh Indonesia yang sebesar 44 juta Kilo Liter (KL).

“Jatah dan realisasi BBM subsidi untuk DKI Jakarta mencapai hampir 3 juta KL untuk 2012,” ucap Fahmi kepada detikFinance, Kamis (20/12/2012).

Dari jumlah tersebut sebesar 2,08 miliar liter untuk Premium dan 830 juta liter untuk solar. “Premium realisasi 2012 sebanyak 2.082.676.850 liter dan untuk solar sebanyak 830.131.003 liter,” ungkap Fahmi.

Menurut Fahmi, usulan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghapuskan BBM subsidi tersebut sangat tepat. Jika ini terealisasi akan ada penghematan, sehingga bisa digunakan oleh Pemda DKI Jakarta untuk membangun infrastruktur, transportasi dan saran publik yang lebih baik.

"Pak Ahok pasti punya perhitungan tersendiri, seandainya belanja subsidi Premium dan Solar digunakan untuk perbaikan infrastruktur dan sarana-saran publik pasti jauh lebih bermanfaat," kata Fahmi.

Sebelumnya Ahok mengusulkan agar BBM subsidi di DKI Jakarta dihapuskan, hal ini agar masyarakat bisa beralih ke transportasi publik salah satunya yang akan disediakan Pemda sebanyak 1.000 unit bus.

(rrd/hen)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori finance dengan judul Tahukah Anda Berapa BBM Subsidi yang Dihabiskan di Jakarta/Tahun? . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2012/12/tahukah-anda-berapa-bbm-subsidi-yang.html .

Artikel Terkait finance

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Tahukah Anda Berapa BBM Subsidi yang Dihabiskan di Jakarta/Tahun? "

Post a Comment

Beri komentar anda.