Bukan Pakar SEO Ganteng

Tips : Mencegah Mata Kering

Tips : Mencegah Mata Kering
Mata kering sering kali menjadi masalah bagi sebagian orang termasuk anda, khususnya bagi anda yang tinggal di perkotaan dan yang bekerja di depan monitor. Ada banyak penyebab timbulnya rasa kering pada mata sangat beraneka ragam mulai dari polusi udara, debu, cuaca kering, lingkungan yang kering dan panas, berangin, asap, pemakaian lensa kontak dan terlalu lama di depan monitor sehingga bisa menyebabkan mata kering, perih, dan gatal. Selain itu, semakin tua usia seseorang juga bisa mengalami mata kering kronis, terutama bagi wanita yang sudah menopouse.

Mata kering biasanya terjadi karena air mata tidak mampu lagi membasahi mata dengan baik. Padahal, air mata sangat penting untuk membersihkan kotoran pada mata maupun mengeleuarkan benda asing yang masuk ke dalam mata sehingga menghasilkan penglihatan yang jernih. Kondisi mata kering bisa merusak dan menganggu penglihatan Anda. Agar mata Anda tidak mengalami kekeringan, sebaiknya Anda cegah dengan beberapa cara berikut ini :

- Istrahatkan mata dari monitor
Terlalu lama berada di depan monitor untuk bekerja bisa menyebabkan mata Anda kering. Untuk itu, Anda disarankan agar mengistirahatkan mata setiap satu jam sekali

- Gunakan tetes mata
Memakai tetes mata bisa meredakan mata kering dan mengurangi rasa tidak nyaman pada mata. Anda bisa meneteskan obat tetes mata setiap beberapa jam jika mata terasa sangat kering dan perih.

- Rutin memijat mata
Memijat mata ternyata dapat mencegah mata kering. Caranya yaitu dengan menggunakan ibu jari untuk memijat lembut alis Anda. Mulailah dari daerah antar alis kemudian pijatlah dengan tekanan ringan sepanjang tulang di bawah alis. Setelah selesai, buka mata Anda lebar-lebar dan tarik napas dalam-dalam.

- Kurangi pemakaian lensa kontak
Menggunakan lensa kontak juga salah satu penyebab yang membuat mata kering. Untuk itu, jangan terlalu lama menggunakan lensa kontak agar mata bisa beristirahat lebih lama. Jika telah selesai beraktivitas dan tiba di rumah, maka segera lepaskan lensa kontak Anda.

- Meningkatkan asupan omega 3
Makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan atau suplemen minyak ikan terbukti membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk mata. Peradangan inilah yang seringkali menjadi penyebab utama mata kering ikan.

- Mengedipkan mata secara teratur ketika sedang membaca / bekerja di depan layar komputer untuk jangka waktu yang lama.

- Meningkatkan kelembaban udara di sekitar ruangan kerja / rumah.

- Pakailah kacamata pelindung ketika berada di luar terutama yang dapat menutupi area mata untuk mengurangi paparan panas dan udara kering.

- Minum air putih 8 - 10 gelas setiap hari.

Tips : Mencegah Mata Kering

Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 Orang
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori tips dengan judul Tips : Mencegah Mata Kering . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2012/12/tips-mencegah-mata-kering.html .

Artikel Terkait tips

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Tips : Mencegah Mata Kering "

Post a Comment

Beri komentar anda.