Bukan Pakar SEO Ganteng

Hakim Agung Dilarang Menjatuhkan Lamanya Vonis Melebihi Putusan Banding




Jumat, 08/03/2013 13:34 WIB









Jakarta -

Rancangan KUHAP versi pemerintah seakan-akan membatasi gerak hakim agung dalam memvonis. Salah satunya soal penjatuhan lamanya hukuman kasasi.

"Putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai pemidanaan tidak boleh lebih berat dari putusan pengadilan tinggi," demikian bunyi Pasal 250 ayat 3 RUU KUHAP seperti dikutip detikcom, Jumat (8/3/2013). Rancangan KUHAP berisi 286 pasal ini diserahkan pemerintah ke DPR, Rabu (6/3).

Dalam penjelasan Naskah Akademik Rancangan KUHAP ini, aturan itu dibuat karena putusan MA tidak menyangkut fakta atau pembuktian, melainkan menyangkut penerapan hukum. Oleh karena itu, sama dengan beberapa KUHAP negara lain, putusan MA tidak boleh lebih berat daripada putusan Pengadilan tinggi.

"Kecuali jika pengadilan yang lebih rendah itu mutus lebih ringan daripada minimal khusus," jelasnya.

Misalnya pelanggaran HAM berat yang minimumnya dihukum 10 tahun penjara tetapi pengadilan tinggi memutus lebih rendah, umpamanya 3 tahun. Maka MA memutus 10 tahun penjara atau membebaskan terdakwa karena yang terbukti bukan pelanggaran HAM berat.

(asp/nrl)








Sponsored Link




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori news dengan judul Hakim Agung Dilarang Menjatuhkan Lamanya Vonis Melebihi Putusan Banding . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/03/hakim-agung-dilarang-menjatuhkan.html .

Artikel Terkait news

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Hakim Agung Dilarang Menjatuhkan Lamanya Vonis Melebihi Putusan Banding "

Post a Comment

Beri komentar anda.