Bukan Pakar SEO Ganteng

Inilah Penyebab Ngantuk Usai Makan Siang




Mungkin anda pernah bertanya tanya dan agak sedikit heran, kenapa setelah makan siang hal yang paling sering kita rasakan adalah mengantuk, dan ini sangat mengganggu aktivitas kita seperti bekerja, kuliah, sekolah, dll, tapi tahukah anda ada penyebab kita mengantuk ketika usai makan siang tersebut, apa saja penyebabnya berikut kami sajikan untuk anda:

makan siang seharusnya menambah energi dan semangat kita ketika akan melanjutkan aktivitas, tapi tahukah anda ada beberapa jenis makanan yang mengandung zat zat yang membuat tubuh menjadi lemas dan akhirnya mengantuk usai makan siang.

inilah beberapa makanan penyebab kantuk saat usai makan siang yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Gorengan
Makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang lebih lezat ketimbang rebusan, kukusan atau panggangan. Tapi gorengan adalah makanan yang tidak sehat karena umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, minyak yang terperangkap dalam gorengan akan 'memaksa' tubuh untuk bekerja lebih keras mencernanya.sehingga membuat anda merasa kantuk saat telah mengkonsumsi gorengan ketika makan siang.

2. Daging Merah & Olahannya
Daging merah olahan seperti yang biasa ditemukan dalam isian burger, sandwich, sosis dan asap memiliki kadar tryptophan yang tinggi. Hormon ini yang menyebabkan mata mengantuk saat usai mengkonsumsi daging merah saat makan siang, jadi Untuk mencegah rasa kantuk saat makan siang sebaiknya pilih ikan atau ayam sebagai menu makan siang.

3. Makanan Bergula Tinggi
Camilan seperti cookies, permen atau cake umumnya mengandung gula sangat tinggi. Segala sesuatu dengan gula berlebih akan cepat menaikkan kadar gula dalam darah (membuat tubuh bersemangat dengan seketika) tapi juga menurunkannya dengan drastis. Akibatnya, tubuh melepaskan insulin yang memicu produksi tryptophan, hormon yang membuat ngantuk.

4. Minuman Berkafein
Kopi, teh, minuman energi lainnya dan minuman berkafein seharusnya bisa meningkatkan energi. Tapi kenapa justru membuat ngantuk di siang hari? Sebab minuman berenergi hanya membuat tubuh merasa berenergi, tapi bukan sumber energi itu sendiri. Kafein cenderung bersifat adiktif. Saat minum Anda akan merasa semangat tapi begitu isi di gelas habis, Anda akan terus ingin minum dan minum lagi. Air putih atau jus tanpa gula adalah pilihan yang lebih sehat.

5. Polong-polongan
Kacang polong dan keluarganya (kacang merah, kacan hijau, buncis, kacang panjang) merupakan makanan sehat yang kaya protein, serat juga rendah kalori. Tapi jenis polong-polongan juga mengandung kadar niacin yang tinggi. Yaitu zat yang bisa membuat mata ngantuk. Sebaiknya tidak makan terlalu banyak untuk mencegah rasa kantuk yang bisa menurunkan produktivitas kerja.

6. Roti Putih
Sama seperti makanan bergula, roti putih tinggi glycemic index yang bisa melonjakkan gula darah, tapi cepat juga membuatnya turun drastis. karena roti putih mengandung gula yang tinggi sehingga Tubuh pun cepat lemas dan mengantuk saat usai mengkonsumsi nya ketika makan siang.

7. Keju & Krim
Tidak ada yang bisa menolak lezatnya pizza bertabur saus tomat, keju dan krim untuk menu makan siang. Namun kelezatan itu hanya bertahan sebentar di lidah. Makanan dengan banyak saus tomat, saus sambal, keju atau krim membuat tubuh harus bersusah payah mencernanya. Memangkas energi yang seharusnya dipakai untuk konsentrasi bekerja.

Agar tidak membuat aktivitas anda terbengkalai akibat badan yang lemas, sebaiknya anda memilih makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi untuk memperbaiki energi yang habis digunakan untuk beraktivitas, jadi itulah makanan penyebab kantuk saat usai makan siang, semoga bermanfaat.

dikutip dari berbagai sumber

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Health dengan judul Inilah Penyebab Ngantuk Usai Makan Siang . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/05/inilah-penyebab-ngantuk-usai-makan-siang.html .

Artikel Terkait Health

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Inilah Penyebab Ngantuk Usai Makan Siang "

Post a Comment

Beri komentar anda.