Bukan Pakar SEO Ganteng

Mengenal Keunikan Budaya Perahu Beganduang Dari Kuansing Riau



gambar dari : hisanaamanihusellin.blogspot.com/

Perahu Bergandung atau sering juga disebut perahu beganduang ini merupakan salah satu kebudayaan yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi, tepatnya di Lubuk Jambi kecamatan kuantan mudik, perahu beganduang biasanya dilaksanakan setelah hari raya idul fitri tujuannya adalah karena ketika orang yang merantau yang pulang ke kampung saat idul fitri bisa dihibur oleh keramaian dan kebudayaan khas kuantan singingi ini.

Perahu Bergandung ini bermula dari sekelompok muda-mudi yang mengantarkan Limau kerumah seorang perempuan dengan menggunakan perahu yang di gandengkan. Acara mengantar limau ini sama dengan seorang yang ingin melamar seorang perempuan yang di sukainya tetapi sedikit berbeda dengan tunangan.
Mengantar limau di lakukan oleh pihak lelaki sebelum shalat idul fitri. Setelah 5 hari acara pengantaran limau maka barulan tiba saat perbandingan.

Sebelum hari H tiba, biasanya muda-mudi akan menggandengkan dua buah perahu dan menghiasainya dengan daun kelapa, kain panjang dan mempunyai bentuk kubah di puncaknya. Kubah tersebut di buat berbentuk bulan atau bintang yang melambangkan penyambutan hari raya idul fitri. Perlombaan ini di laksanakan pada hari ke 6 dan di ikuti pula dengan talempong randai, salung, tari-tarian dan lain sebagainya.

Pada acara ini juga di hadiri oleh Bupati atau yang mewakili dan rombongan yang menyaksikan festival budaya perahu beganduang di lubuk jambi ini, perahu beganduang artinya perahu yang digandengkan, gandeng dalam bahasa kuansing atau taluk kuantan adalah gandiang atau ganduang, oleh sebab itu diberi nama perahu beganduang.

perahu beganduang tersebut di bawahnya terdapat 2 buah jalur (perahu panjang) untuk menahan beban di atas sehingga mampu menahan beban berat saat mengarungi sungai kuantan.
dan saat event ini digelar masyarakat sangat antusias dan sangat menantikan event budaya perahu beganduang ini, dibandingkan dengan budaya pacu jalur kuansing mungkin masih belum terkenal seperti pacu jalur, namun dengan terus menjaga budaya warisan leluhur ini tentu saja akan bisa eksis seperti budaya pacu jalur kuansing di masa mendatang.

nah bagi yang berkunjung ke taluk kuantan saat hari raya idul fitri tidak ada salahnya anda melihat keunikan budaya kuansing yang satu ini, karena dengan tau budaya daerah setempat tentunya akan menambah kecintaan kita pada suatu daerah tersebut.

cat:
sebagian informasi dari artikel di atas kami kutip dari http://hisanaamanihusellin.blogspot.com/ untuk menguatkan informasi yang telah kami buat, lebih dan kurang kami ucapkan terima kasih.





Anda baru saja membaca artikel yang berkategori LifeStyle dengan judul Mengenal Keunikan Budaya Perahu Beganduang Dari Kuansing Riau . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/05/mengenal-keunikan-budaya-perahu.html .

Artikel Terkait LifeStyle

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Mengenal Keunikan Budaya Perahu Beganduang Dari Kuansing Riau "

Post a Comment

Beri komentar anda.