Bukan Pakar SEO Ganteng

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa


Caradantips.com - Bau mulut dan napas tidak sedap seringkali dialami oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tentunya ini sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman saat harus berbicara dengan seseorang dalam jarak yang cukup dekat.

Penyebab utama bau mulut adalah karena adanya bakteri glikoprotein saliva yang tumbuh pada biofilm, yaitu berbentuk lapisan yang melekat pada permukaan gigi.

Untuk menjaga kesegaran napas dan mencegah bau mulut selama puasa, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

1. Berkumur dengan obat kumur

Menurut Ketua Program Pendidikan Spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), Drg Yulianti Kemal SpPer (K), berkumur dengan bantuan obat kumur bisa mencegah pelekatan glikoprotein saliva yang sudah ditumbuhi bakteri. Adapun jenis obat kumur yang sebaiknya digunakan adalah obat kumur yang mengandung chlorhexidine.

2. Bersihkan gigi dengan flossing

Menurut drg Yuniarti Syafril, pembersihan gigi dengan benang (flossing), turut membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa. Sebab, cara ini sangat membantu untuk mengangkat sisa makanan dan plak yang berada di sela-sela gigi. Untuk melakukan flossing sebaiknya sebelum sikat gigi.

3. Bersihkan lidah

Menurut drg Yuniarti Syafril, membersihkan lidah juga termasuk bagian penting untuk mencegah bau mulut. Setelah sikat gigi, sebaiknya lidah turut dibersihkan. Menyikat lidah sangatlah penting, karena dengan menyikat lidah, seluruh sisa apa pun yang bersembunyi pada papil-papil (tonjol) bisa terangkat. Umumnya, sisa-sisa dan bakteri mulut memang lebih banyak terdapat pada pangkal lidah.

Adapun untuk membersihan lidah bisa dilakukan menggunakan sikat gigi, alat pembersih lidah, atau benang pembersih.


Sumber: manfaatnya.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Life / Sehat / Tips-Trik dengan judul Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/07/cara-mencegah-bau-mulut-saat-puasa.html .

Artikel Terkait Life , Sehat , Tips-Trik

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa "

Post a Comment

Beri komentar anda.