Bukan Pakar SEO Ganteng

Indahnya Kepulauan Seribu

Indahnya Kepulauan Seribu

Indahnya Kepulauan Seribu
Sumber gambar : Google
Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam di Indonesia yang terletak di Jakarta bagian utara. Disebut kepulauan seribu karena pulaunya yang banyak dan bermacam-macam. Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu tersusun oleh ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal. Lokasi kepulauan seribu terhitung lokasi perairan laut jawa dibagian utara teluk jakarta. Dikarenakan termasuk dalam paparan sunda, maka perairan laut di lokasi ini merupakan perairan laut dangkal dengan pulau-pulau karang dan paparan karang serta terumbu karang ( reef flat dan coral reef ). Taman nasional ini memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang khas yakni keindahan alam laut dengan ekosistem karang yang unik seperti terumbu karang, ikan hias dan ikan konsumsi, echinodermata, crustacea, molusca, penyu, tumbuhan laut dan darat, mangroove, padang lamun, dan sebagainya.
Pulau Pramuka Kepulauan Seribu
Sumber gambar : Google

Pulau-pulau di lingkungan kepulauan seribu dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, yaitu resort wisata, pemukiman penduduk Kepulauan Seribu, dan beberapa pulau sebagai tempat peristirahatan pribadi. Sedangkan perairan dalam kawasan kepulauan seribu di Zona Pemukiman digunakan sebagai tempat budidaya perikanan alami tradisional dan areal penangkapan ikan penduduk lokal Kepulauan Seribu.


Sarana Transportasi :
         Angkutan Darat
Fasilitas jalan setapak yang terdapat di pulau pemukiman dapat berjalan kaki menggunakan jalan setapak.
         Angkutan Laut
Pelabuhan yang mempunyai akses ke Kepulauan Seribu yaitu Marina, Kaliadem, Muara Angke, Rawasaban, Muara Kamal, Keronjo dan Maok.
         Angkutan Udara
Fasilitas umum airstrip untuk masyarakat Kepulauan Seribu berada di Pulau Panjang, tetapi kondisinya saat ini sudah tidak layak digunakan lagi. Selain itu terdapat helipad pada beberapa resort wisata yang juga digunakan sebagai sarana transportasi umum.
Pulau Putri di Kepulauan Seribu
Sumber gambar : Google


Jasa Pelayanan :
         Pos dan Giro
Di kecamatan Kepulauan Seribu utara hanya ada 1 kantor pos serta giro yang bertempat di Pulau Pramuka kelurahan Pulau Panggang.

         Telekomunikasi
Fasilitas telekomunikasi telah ada di kecamatan Kepulauan Seribu utara terlebih di pulau-pulau pemukiman masyarakat yakni di Pulau Pramuka, P. Panggang, P. Kelapa dan P. Harapan serta sebagian pulau resort wisata. 

         Listrik
Seluruh tempat tinggal di pulau-pulau pemukiman masyarakat telah menggunakan listrik sebagai alat penerangannya. Sumber listrik ini datang dari pln(Perusahaan Listrik Negara).

         Fasilitas air bersih
Dari hasil pengamatan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, nyaris seluruh masyarakat Kepulauan Seribu menggunakan air tanah untuk kepentingan MCK(Mandi Cuci Kakus), namun untuk konsumsi masih menggunakan air mineral. Ketersediaan air ini memanglah cukup namun kualitas dari segi kesehatannya butuh memperoleh perhatian dari seluruh pihak. oleh karena itu butuh diupayakan alternatif lain dalam penyediaan air minum bersih, contohnya dengan pembangunan instalasi air pam.

         Pasar dan Instansi keuangan
Lokasi Kecamatan Kepulauan Seribu utara tidak mempunyai pasar yang merupakan sarana dalam perekonomian. Selama ini untuk mencukupi keperluan pokok dan jual hasil penangkapan ikan, sebagian besar masyarakat terpaksa menyeberang ke pasar-pasar yang ada di sekitar Jakarta dan Tangerang. Tetapi untuk mencukupi keperluan sehari-hari, ada warung-warung kecil. Instansi keuangan yang berbentuk bank telah ada di Pulau Pramuka yaitu kantor cabang bank DKI.

Pulau Sepa-sepa di Kepulauan Seribu
Sumber gambar : Flickr

Selain pemandangannya yang indah, kawasannya yang asri juga menambah daya tarik tersendiri bagi tempat wisata ini untuk menarik para wisatawan. Sekian tentang Keindahan Pulauan Seribu 


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wisata Indonesia dengan judul Indahnya Kepulauan Seribu . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/07/indahnya-kepulauan-seribu.html .

Artikel Terkait Wisata Indonesia

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

3 komentar untuk " Indahnya Kepulauan Seribu "

Beri komentar anda.