Bukan Pakar SEO Ganteng

Impor BBM Melonjak Bikin Neraca Perdagangan RI 'Tekor'

Jakarta - Neraca perdagangan Indonesia terpuruk dan mengalami defisit akibat tingginya angka impor. Ternyata salah satu penyebab terbesarnya adalah tingginya angka impor BBM akibat melonjaknya konsumsi.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, dirinya berharap konsumsi BBM subsidi bisa ditekan, apalagi harga BBM subsidi sangat murah. Kewenangan penekanan konsumsi BBM subsidi saat ini berada di Kementerian ESDM.

"Karena impor migas konsumsinya meningkat dan membuahkan defisit US$ 4,8 miliar dalam 11 bulan pertama (2012) yang sebelumnya belum terjadi. Ini harus disikapi terkait harga BBM dan lain-lain," ujar Gita di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Gita menambahkan, jika persoalan lonjakan konsumsi BBM ini tidak diperhatikan, maka defisit neraca perdagangan yang terjadi di 2012 bisa terulang lagi tahun ini. Gita memperkirakan defisit neraca perdagangan di 2012 mencapai US$ 2 miliar.

"Menurut saya US$ 1,5-2 miliar, Desember kan belum keluar. Kalau kumulatif kan baru sampai November US$ 1,33 miliar itu lebih karena defisit migas," jelasnya.

Sementara itu, untuk investasi di sektor riil dan portofolio, lanjut Gita, masih cukup baik. Hanya saja, harga komoditas yang belum stabil membuat ekspor Indonesia sangat tergantung dengan faktor eksternal.

"Saya melihat investasi di riil sektor dan portofolio cukup baik. Tapi dari sisi perdagangan eksternal ini tergantung stabilisasi harga komoditas karena ekspor kita masih sangat bergantung komoditas dan impor migas," cetus Gita.

Memang tahun lalu volume konsumsi BBM subsidi di Indonesia mencapai 45 juta kiloliter (KL). Jumlah ini meningkat tajam dari target alokasi volume BBM subsidi yang sebenarnya hanya 40 juta KL. Di tahun ini, pemerintah mengalokasikan volume BBM subsidi sebanyak 46 juta KL dan berpotensi untuk jebol lagi.

(nia/dnl)

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori finance dengan judul Impor BBM Melonjak Bikin Neraca Perdagangan RI 'Tekor' . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/01/impor-bbm-melonjak-bikin-neraca.html .

Artikel Terkait finance

Ditulis oleh: Unknown - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Impor BBM Melonjak Bikin Neraca Perdagangan RI 'Tekor' "

Post a Comment

Beri komentar anda.